PALEMBANG

Tak Hanya Warga Lokal, WNA Asal Malaysia Merasa Terbantu dengan Layanan Banpol, Begini Ceritanya..!

MAKLUMATNEWS.com, Palembang—Program layanan pengaduan (Banpol) yang dibuat Kapolda Sumsel Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, SIK yang digunakan masyarakat Sumsel untuk membuat/ mengadukan laporan, juga dirasakan manfaatnya oleh WNA asal Malaysia.

Hal tersebut berawal dari pesan pengaduan yang masuk ke Polsek Sukarami yang mendapati pengaduan melalui Banpol Polda Sumsel oleh seorang pria asal Kota Sabah, Malaysia pada Kamis (7/12/2023) sekitar pukul 20.00 WIB.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Sukarami Kompol M Ikang Ade Putra, SIK, Jumat (8/12/2023).

“Benar kita mendapatkan pengaduan Banpol via Whatapp dari warga negara asing asal Malaysia yang sedang berada di Indonesian,” ujar Ikang.

Diketahui pria WNA asal Johor, Malaysia bernama Iman Firdaus Abdullah (39) yang datang ke Kota Palembang untuk mempersunting Wanita bernama Sulis Setiawati (40) warga Jalan AMD Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarame yang dikenalnya lima bulan terakhir.

Pria asing tersebut melaporkan jika dirinya kebingungan terkait cara mengurus administrasi untuk menikah.

“Karena rencana mereka akan melangsung pernikahan di sini, di Indonesia,” tambah Kompol Ikang

Atas pengaduan dari Banpol tersebut pihak kepolisian dari Sektor Sukarami langsung menuju lokasi dan memediasi dengan pihak keluarga mempelai wanita.

“Kami segera tindaklanjuti laporan tersebut.  Pada intinya hanya mis komunikasi antara pria Malaysia itu dan pihak keluarga perempuan,” jelas ikang.

Kompol Ikang juga menambahkan saat ini WNA tersebut telah pulang ke negara asalnya untuk mengurus administrasi pernikahan yang akan datang.

Terdapat pula video klarifikasi dari WNA asal Malaysia tersebut, dalam video tersebut dirinya berterimakasih telah dibantu oleh pihak kepolisian Sektor Sukarami atas kesalahpahaman yang terjadi.

“Terima kasih kepada pihak kepolisian, Polda Sumsel khususnya Polsek Sukarame, saya sebagai pihak dari Malaysia mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Polsek Sukarame karena telah menyelesaikan masalah pribadi saya tentang kesalah pahaman pernikahan yang dari segi bahasa berbeda,” ucap Imam Firdaus Abdullah dalam video klarifikasi yang dibuatnya.

BACA JUGA  Direktur UT Palembang Dr. Meita Istianda : Watak Masyarakat yang Terkenal Berani, Tidak Tercermin pada Produk Pers Sumsel

Reporter : Yola Dwi R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button