MUSI RAWAS

Pemkab Mura Rangkul Pelaku UMKM di Setiap Kecamatan 

MAKLUMATNEWS.com, Mura — Musi Rawas kaya akan budaya dan kuliner.

Banyak produk lokal unggulan khas daerah kabupaten di Sumsel ini.

Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, perlu merangkul pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UKM.

Pelaku UMKM ini bertebaran di setiap kecamatan dan desa.

Ketua Dekranasda Kabupaten Musi Rawas Riza Novianto Gustam mengatakan abupaten Musi Rawas memiliki banyak potensi dalam segi budaya dan kuliner.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menyarankan untuk terus merangkul para pelaku usaha UKM di setiap daerah- daerah.

“Hal itu dilakukan untuk pengembangan industri di Kabupaten Musi Rawas, sehingga perlu sinergi pemerintah bersama pelaku usaha untuk menghasilkan produk lokal unggulan dengan bantuan pemerintah dan kreativitas pelaku usaha dapat memberikan dampak positif untuk meningkatkan produk berkualitas yang dapat dikenal masyarakat luas,” katanya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan bangga produk lokal diharapkan dapat mempromosikan produk Musi Rawas.

Ia mencontohkan penggunaan batik Musi Rawas pada hari tertentu dan saat melakukan kegiatan di luar daerah sehingga batik daerah ini dapat dikenal di daerah nasional hingga internasional.

Ia juga meminta seluruh jajaran Dekranasda Musi Rawas untuk memaksimalkan gedung dan melakukan pemeliharaan serta melestarikan rumah adat yang ada di Kabupaten Musi Rawas untuk dijadikan objek wisata dan cagar budaya di daerah tersebut.

Dekranasda Kabupaten Musi Rawas juga telah melakukan rapat evaluasi kegiatan tahun 2023 dan program kegiatan tahun 2024 yang diikuti seluruh jajaran Dekranasda Kabupaten Musi Rawas.

Ia berharap hal tersebut mampu menjadi momentum kebangkitan dan penyebarluasan hingga pembinaan pengawasan kualitas produk yang dapat lebih dikenal lagi oleh kancah nasional maupun internasional.

BACA JUGA  Tak Mau Cerai, Suami di Musirawas Nekat Bakar Rumah dan Istri

 

 

Sumber : Sumsel.antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button