MUSI RAWAS

Danau Aur, Wisata Andalan Musi Rawas, Cocok Untuk Wisata Keluarga 

MAKLUMATNEWS.com, Musi Rawas — Pernah singgah ke Danau Aur Musi Rawas?

Foto : Sripoku.com

Jika belum, saat kamu jalan-jalan ke sana, mampirlah ke Danau Aur.

Danau Aur terletak di kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas.

Objek wisata ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari penduduk Musi Rawas dan sekitarnya, baik remaja maupun keluarga.

Tak begitu jauh dari kota Lubuklinggau, kamu bisa mencapainya dengan mobil dalam waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Sesampainya di lokasi, kamu akan takjub dengan pesona alam telaga yang luas, di tengahnya ada pulau berhiaskan puluhan pohon karet.

Di sini kamu bisa menikmati kehadiran puluhan restoran terapung yang bisa mengantarkan kapan saja menikmati pemandangan danau.

Danau Aur memiliki luas ± 40 Ha. Jalan menuju Danau Aur cukup baik, sudah beraspal dan lokasi danau terletak di pinggir jalan raya sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata ini.

Pengembangan wisata Danau Aur telah didukung oleh beberapa fasilitas yaitu pusat kios cinderamata, musholla, toilet, tempat makan, gazebo, wahana air, tempat pemancingan dan lain-lain.

 

Foto : RMOL Sumsel

Romantis di Malam Hari 

Mengutip Kantor Berita RMOLSumsel, Kabid Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas, Widya mengatakan fasilitas baru di wisata Danau Aur tak hanya dilengkapi dengan boardwalk (jalan setapak) dari kayu.

Di objek wisata alam ini juga dilengkapi dengan taman pedestrian yang diterangi dengan lampu. “Di malam hari diterangi lampu, jadi kesannya romantis,” ujarnya.

Saat ini, menurut Widya, pihaknya terus melengkapi segala sesuatu yang diperlukan untuk mempercantik wisata Danau Aur.

Lanjut dia, lampu-lampu di taman pedestrian akan terlihat cantik di malam hari. Apalagi menjelang maghrib, pengunjung bisa melihat pemandangan sunset yang indah.

BACA JUGA  Rekomendasi Wisata di Pagaralam, Menyenangkan dan Cocok Buat Keluarga

Selain itu di Danau Aur terdapat pula menara pandang dengan tinggi sekitar 25 meter.

Kemudian, kata Widya, ada plaza pengunjung dan plaza kuliner agar pengunjung dapat menikmati suasana wisata di sekitar sembari makan.

“Danau Aur ini wisata dengan konsep alam dan cocok untuk wisata keluarga,” timpalnya.

Widya mengungkapkan, wisata Danau Aur merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Musi Rawas.

Danau Aur menyajikan wisata berupa hamparan Danau alami yang luas yang ditengahnya terdapat sebuah pulau.

“Di sini pengunjung dapat menikmati wisata Danau Aur dengan berkeliling menggunakan kapal.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati sensasi kuliner di atas kapal terapung,” pungkasnya.

Foto bersama Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud kala meresmikan Objek Wisata Danau Aur di Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas. (Gaung Demokrasi)

Diresmikan Bupati

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud meresmikan Objek Wisata Danau Aur, bertempat di Kecamatan Sumber Harta, Kabupaten Musi Rawas, Sabtu (9/03/2024) lalu.

“Peresmian ini adalah dukungan kita bersama sehingga dapat menciptakan hal yang bermanfaat dan menguntungkan bagi masyarakat,”kata Bupati.

”Saya berharap objek wisata Danau Aur ini menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Kabupaten Musi Rawas yang ke depan menjadi salah satu sumber pendapatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,”ucap Bupati.

Dalam acara ini dilakukan pemukulan Gong sebagai simbol telah di resmikannya wisata Danau Aur 2024.

Dimeriahkan Aura Band , Yai Najib , Cik Waya-waya dari Palembang, dan penampilan spektakuler dari Paramotor Sumsel yang menghiasi langit wisata Danau Aur dengan atraksi memukau.

Turut Hadir dalam kegiatan itu antara lain DPRD Mura, Forkopimda, TP PKK Kabupaten Mura, Sekda Mura, Asisten,Setda, OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas , Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Muara Beliti, Camat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas & unsur Tripika, Kapolsek, Danramil, Tamu undangan dan ratusan masyarakat. (Dari berbagai sumber)

BACA JUGA  Pengurus Baznas Mura Dikukuhkan Ini Pesan Bupati

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button