INFO HAJI 2023

342 CJH Belum Lunasi BPIH, Humas Kemenag Sumsel : Segera Lunasi Paling Lambat 26 Maret 2024

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Hingga saat ini jumlah calon jemaah haji (CJH) yang telah melakukan pelunasan mencapai 95% dari jumlah total 7.295 jemaah.

Itu berarti masih tersisa 342 CJH yang belum melakukan pelunasan. Pelunasan tahap kedua ini akan berakhir 26 Maret mendatang.

Menurut Humas Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel, Abdul Qudus, Senin (18/3/2024), pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahap 2 sudah dimulai sejak 13 Maret lalu.

“Untuk saat ini sudah 6.953 jemaah haji Sumsel atau sudah 95% yang melakukan pelunasan BPIH,” ujar Abdul Qudus.

Pada tahap 1 lalu (10 Januari-23 Februari), jemaah haji asal Sumsel yang telah melakukan pelunasan mencapai 6.404 orang atau 88%.

Pelunasan BPIH tahap kedua ini diperuntukkan bagi 4 kategori. Yakni, jemaah yang belum melakukan pelunasan tahap 1 karena gagal sistem dan pendamping jemaah haji lanjut usia.

Kemudian jemaah haji penggabungan suami/isteri dan anak kandung/orang tua yang terpisah, serta pendamping jemaah haji penyandang disabilitas.

Dari jumlah jemaah yang melakukan pelunasan, terbanyak berasal dari Palembang, yang mencapai 3.097 jemaah. Paling sedikit di Kabupaten PALI, hanya 26 orang.

“Kami mengimbau jemaah haji yang sudah memenuhi syarat istitha’ah atau memiliki kemampuan jasmaniah, rohani, pembekalan dan keamanan menunaikan ibadah haji untuk segera melunasi biaya hajinya paling lama 26 Maret mendatang,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan, JCH yang berhak melunasi tapi belum memeriksakan kesehatan untuk segera melakukannya sehingga memenuhi syarat isthita’ah dan bisa melunasi biaya haji. (Detik.com)

 

 

BACA JUGA  Haji Plus dan Reguler, Dimana Bedanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button