KELUARGA

Luangkan Waktu Untuk Beri’tikaf di Masjid

MAKLUMATNEWD.com, Palembang — Saat ini kita memasuki hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan.

Dan tentunya waktu-waktu yang sangat berharga ini kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Bagaimana caranya?

Dengan beri’tikaf. Karena pada malam-malam akhir Ramadhan, kaum muslimin dianjurkan untuk melakukan i’tikaf di masjid.

Ibadah ini rutin dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Aisyah RA,

“Bahwasanya Nabi SAW beriktikaf pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan sampai beliau dipanggil Allah Azza wa Jalla. Kemudian istri-istri beliau (meneruskan) beriktikaf setelah beliau wafat.” (HR Muslim)

Ibadah i’tikaf ini wajib dikerjakan di masjid, bukan di rumah atau musala. Tujuan dari iktikaf ini agar umat Islam fokus beribadah kepada Allah SWT.

“Selama kita melakukan iktikaf itu yang kita lakukan adalah mengingat Allah SWT sesekali diselingi dengan membaca Al Quran, baca zikir, salat, zikir (lagi), baca Al Quran (lagi),” terang Nasaruddin Umar dalam detikKultum detikcom yang tayang Jumat (5/4/2024).

Ketika melakukan i’tikaf, kaum muslimin harus dalam keadaan bersih dan suci. Karenanya, dianjurkan pula untuk mempertahankan wudhu saat beri’tikaf.

 

Tidak Mesti Bermalam

Menurut Nasaruddin Umar, i’tikaf tidak harus bermalam dan menginap di masjid. Beri’tikaf seusai salat tarawih meski hanya dua sampai tiga jam diperbolehkan.

“Dua jam juga sudah i’tikaf kok. Maka itu kalau kita pergi tarawih, begitu kita masuk ke masjid langsung niat iktikaf, walaupun hanya dua jam, tiga jam (lalu) balik ke rumah sudah selesai i’tikafnya,” lanjut Imam Besar Masjid Istiqlal itu.

Beri’tikaf juga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan fokus kepada Allah SWT semata. Muslim sebaiknya memelihara pandangan dan mulutnya saat melakukan amalan tersebut agar khusyuk. (*)

BACA JUGA  Ustadz Abdul Somad Pulang Umroh Langsung Melayat Habib Mahdi Muhammad Syahab

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button