NASIONAL

Kota Palembang Raih Penghargaan dari Kemendagri, Penerapan SPM Terbaik 6 Nasional 

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta — Di bawah kepemimpinan Pj Walikota Ratu Dewa, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali sukses meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Pemkot Palembang meraih penghargaan dalam pelaksanaan penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun Anggaran 2023 dari Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri pada acara SPM Awards 2024 yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2024).

Kota Palembang berada di peringkat ke 6 Nasional dari 93 kota se- Indonesia dan peringkat 1 terbaik se- Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wamendagri John Wempi Wetipo serta Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri. Gubernur, Walikota dan Bupati Se Indonesia.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa bersyukur atas capaian yang sudah diraih.

Ia mengatakan pencapaian ini merupakan hasil upaya Pemkot Palembang untuk selalu berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.

“Serta ucapan terimakasih kepada jajaran Pemkot Palembang yang sudah bekerja keras. Tentu ke depannya akan kita tingkatkan berbagai sektor pelayanan karena ini terus menjadi perhatian kita bersama,” ujar Ratu Dewa.

 

SPM Awards 

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri mengatakan, SPM Awards merupakan ajang pemberian penghargaan kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota yang berkinerja terbaik dalam penerapan SPM.

“Indikator penilaian meliputi Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), komitmen anggaran penerapan SPM, pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM,” ujarnya.

Kemudian pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, penyusunan rencana aksi serta kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM).

BACA JUGA  Putusan Etik DKPP tak Pengaruhi Pencalonan Gibran

“Tentunya sudah melalui berbagai tahapan dan penilaian, sekali lagi kami ucapkan selamat bagi daerah yang meraih penghargaan,” tutupnya. (ril/pitria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button