PALEMBANG

BPJS Ketenagakerjaan Buka Pelayanan Online 24 Jam

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — BPJS Ketenagakerjaan membuka layanan online untuk peserta di Kantor Cabang Palembang. Ini merupakan bagian dari perubahan wajah baru dan fitur layanan dari BPJS Ketenagakerjaan pascapandemi.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang, Moch Faisal mengatakan, pelayanan online 24 jam ini diperuntukkan bagi peserta yang ingin dilayani namun tidak bisa datang langsung ke kantor tersebut.

“Kami memberikan layanan ini agar lebih memudahkan peserta.

Contohnya, jika mereka ingin mengurus klaim namun mereka sibuk dan tak bisa datang langsung.

Menariknya lagi layanan ini 24 jam terbuka untuk peserta,” katanya.

Lanjutnya, perubahan wajah baru dan fitur layanan ini merupakan kedua setelah Jakarta.

“Kita berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan tepat bagi pekerja dengan memastikan janji layanan terlaksana dengan sempurna,” ujar Faisal.

Faisal menjelaskan, untuk perubahan wajah baru terlihat pada area kantor, antara lain perubahan desain kantor cabang layanan yang semakin fresh, hangat, dan mengusung konsep green design.

“Selama pandemi, di kantor kita ini ada sekat bagi peserta dan pegawai kita. Namun sekarang sekat sudah ditiadakan. Sehingga tidak ada batasan dengan peserta saat melayani.

Kami juga menyediakan tempat konsultasi yang terbuka, sehingga notabene nya tidak ada yang ditutup-tutupi terhadap pelayanan kepada peserta,” jelasnya.

Pihaknya juga menyediakan tempat untuk anak dan ibu menyusui. Serta  menyediakan fasilitas untuk disabilitas.

Mulai dari akses untuk mereka masuk ke kantor hingga menyediakan kursi roda dan tempat tunggu khusus bagi kaum disabilitas.

“Kita juga mensosialisasikan adanya layanan Jamsostek Mobile (JMO) dengan fitur baru yang berfokus pada finansial dan kesejahteraan pekerja dan penggunaan seragam dengan tema Anaka Prathama yang dalam Bahasa Sansekerta berarti kesuksesan dan semangat dalam melayani,” ungkap Faisal.

BACA JUGA  Diduga Ada Lapak Ikan Ilegal di Pasar Induk Jakabaring, Sekda Ratu Dewa : Akan Saya Selidiki

Faisal menambahkan, pihaknya mengupayakan pelayanan maksimal melalui proses layanan yang lebih mudah dan ringkas, kemudahan akses layanan melalui kanal fisik dan digital, serta solutif menangani keluhan dan lebih informatif.

“JMO akan ada fitur perumahan pekerja yang diperuntukan bagi pekerja yang membutuhkan fasilitas pembiayaan perumahan dan fitur alternatif penyediaan pinjaman konsumtif kepada peserta.

Selain itu ada fitur promo, fitur streaming, fitur e-wallet, fitur top-up dan tagihan.

Fitur-fitur terbaru ini merupakan komitmen kami untuk menjadikan JMO sebagai one access to digital ecosystem, untuk memberikan layanan yang lebih cepat, lebih mudah dan lebih lengkap,” katanya.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagsel Eko Purnomo mengatakan, layanan baru dan wajah baru di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang fokus pada pelayanan tanpa batas.

“Akan lebih ramah, interaksi kami melayani peserta dari sisi layanan, fasilitas, komunikasi tanpa batas.

Kami juga menyediakan fasilitas untuk ibu menyusui dan fasilitas bagi penyandang disabilitas,” jelasnya.

Lanjutnya, interaksi antara pegawai BPJS Ketenagakerjaan dengan peserta tak akan lagi ada batasan yang kaku.

Artinya, peserta bisa dilayani lebih maksimal lagi terkait keluhan atau layanan yang ingin mereka lakukan.

“Kita harapkan terjadi engagment untuk bisa saling menjiwai, khususnya bagi kami untuk pelayanan dari hati. Sehingga layanan bisa lebih optimal,” ujar Eko.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan, pihaknya berharap BPJS Ketenagakerjaan dapat melayani masyarakat Sumsel, utamanya peserta, lebih baik lagi.

“Diharapkan masyarakat lebih nyaman dalam mendapatkan pelayanan. Baik pelayanan konvensional maupun digital,” katanya.

Gubernur berharap BPJS Ketenagakerjaan makin masif mensosialisasikan serta mengajak masyarakat di sektor formal maupun informal untuk menjadi peserta aktif.

“Ya, sebab dengan menjadi peserta, masyarakat akan mendapatkan jaminan perlindungan sosial,” ungkap Deru.

BACA JUGA  Mangkrak, Pemkot Ganti PLTSa Sukawinatan dengan TPST

 

 

Reporter :  MN

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button