INTERNASIONAL

Penuhi Undangan Al-Insen TV Tunisia, Dubes Zuhairi Promosikan Toleransi Beragama di Indonesia

MAKLUMATNEWS.com, Tunisia — Duta Besar RI untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi, penuhi undangan salah satu stasiun televisi ternama di Tunisia, Al Insen TV. (24/1/23).

Pada kesempatan itu, Dubes Zuhairi mempromosikan toleransi beragama ala Indonesia yang turut berperan besar dalam membangun peradaban Indonesia modern.

“Kami Indonesia merupakan salah satu bangsa dan negara yang plural di Indonesia, sebab itu toleransi beragama merupakan sikap beragama yang harus diutamakan, sehingga kebhinnekaan dapat menjadi kekuatan.

Sejauh ini, Indonesia berhasil membangun toleransi beragama, karena komitmen agama-agama sangat kuat dan kokoh agar kedamaian dan toleransi dapat menjadi arus utama agama-agama di Indonesia”, ujar Dubes Zuhairi.

Selain itu, Dubes Zuhairi juga memaparkan bahwa toleransi dan moderasi beragama di Indonesia tak bisa dilepaskan dari peran serta umat muslim yang berjumlah mayoritas serta dua Ormas Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

“Karakter toleransi beragama umat Islam di Indonesia terinspirasi dari piagam Madinah yang terjadi di zaman Nabi SAW, dimana mereka tetap saling menghargai dan menghormati meski berbeda agama”, lanjut Dubes Zuhairi.

Di sela-sela itu, ia juga mengenalkan beberapa karyanya yang turut berkontribusi dalam mengokohkan toleransi beragama yang ada di Indonesia, di antaranya; Al-Qur’an Kitab Toleransi, Pandangan Muslim Moderat, Mekkah dan Madinah. (*/KBRI Tunis)

 

#IniDiplomasi #rintiskemajuan #negaramelindungi #IndonesiaUntukDunia #Indonesia #negarahadir #recovertogether #recoverstronger #pulihbersama #kbritunis Kementerian Luar Negeri RI

 

BACA JUGA  Menunggu Tanggapan Hasil Seleksi Administrasi Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri Tunis Tahun 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button