PALEMBANG

Waspadai Cuaca Ekstrem, BMKG Sumsel  Ingatkan  Beberapa Wilayah Ini…!

MAKLUMATNEWS.com,Palembang,–Hujan yang terjadi hampir setiap hari ini dengan intensitas lebat disertai petir, diingatkan BMKG Stasiun Klimatologi Sumsel masyarakat untuk waspada.

Senin, 17 Oktober 2022 mengingatkan beberapa wilayah di Sumsel ini untuk waspada cuaca ekstrem.

Prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Wilayah Sumatera Selatan (level waspada), per tanggal 18 Oktober 2022 pukul 07.00 WIB s/d 19 Oktober 2022 pukul 07.00 WIB, dapat terjadi di wilayah:

1. Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI): Sungai Menang, Cengal.

2. Kabupaten Lahat: Tanjung Sakti Pumi.

3. Kabupaten Muara Enim: Rambang, Lubai, Lubai Ulu, Rambang Dangku, Gunung Megang, Benakat, Belimbing, Lubai Ulu.

4. Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir: Talang Ubi, Tanah Abang.

5. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT): Jaya Pura, Bunga Mayang, Martapura.

6. Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU): Semidang Aji, Lubuk Batang.

Dampak yang diprakirakan terjadi diantaranya, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup.

Mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan, terjadi kerusakan pada tanggul-tanggul sungai, longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

Terjadi genangan air di daerah pesisir atau dataran rendah dalam skala menengah. Aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Bagian Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sumsel, Nandang mengatakan, musim hujan di Sumsel ini maju 2-3 dasarian.

Hal ini akibat dinamika atmosfer masih menunjukan aktifnya La Nina di Laut Pasifik.

Sedangkan kondisi normalnya iklim Sumsel bulan ini masih dalam peralihan musim dari kemarau ke hujan, seiring bergeser nya pergerakan semu matahari dari bagian utara menuju ke selatan.

BACA JUGA  Berasa Piknik, Warga Palembang Padati Lapangan OPI Mall Saksikan Lomba 78 Panjat Pinang HUT RI

“Sehingga kondisi peralihan dari musim kemarau ke musim hujan masih dapat dirasakan hingga akhir Oktober,” katanya.

BMKG juga telah memberikan peringatan dini curah hujan tinggi dan cuaca ekstrem di Oktober ini kepada semua stakeholder.

“Peringatan dini curah hujan tinggi hingga ektrem sejak bulan September lalu bahwa Oktober 2022 di beberapa Wilayah di Sumsel termasuk Kota Palembang,” katanya.

BMKG mengimbau Stakeholder, OPD, swasta dan masyarakat dapat selalu waspada terhadap kondisi lingkungannya masing-masing dan diharapkan tidak ada korban jiwa. (Pitria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button