PALEMBANG

Anggaran Menurun, Banyak Lampu Jalan Yang Mati

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Banyak laporan dari masyarakat terutama kawasan pinggiran yang mendapati lampu jalan banyak yang mati.

Seperti di Jalan Nurdin Pandji/ Kebun Sayur atau jalan baru, beberapa lampu terlihat mati. Padahal kawasan itu terbilang masih cukup sepi dari permukiman dibandingkan kawasan lainnya.

Tak hanya itu, beberapa lampu jalan di Sudirman tepatnya di sekitar depan Hotel Grand Inna, KONI Sumsel. Beruntungnya kawasan ini tengah kota dan banyak penerangan dari lampu proyek pembangunan gedung kantor OJK Sumsel.

“Kalau di Nurdin Pandji itu kawasannya cukup sepi. Nah di Sudirman ini sudah beberapa malam kemarin mati untungnya di tengah kota,” kata Ahmad warga Sako, Jumat (21/1/2022).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PeraKP) Kota Palembang Affan Prapanca Mahali mengatakan, tim akan langsung memperbaiki lampu jalan yang mati.

“Untuk anggaran tahun ini memang menurun dibandingkan tahun lalu. Tahun ini hanya sekitar Rp 5 hingga 6 miliar dibandingkan tahun lalu Rp 8 miliar,” katanya.

Karenanya pihaknya mengupayakan dari sumber-sumber lain seperti BUMN, BUMD dan perusahan lainnya lewat CSR-nya untuk membantu penerangan jalan umum di Kota Palembang.

“Kita mulai kembangkan teknologi solar panel (tenaga Surya). Tapi hanya di kawasan tertentu saja karena terutama di jalanan sudah punya jaringan listrik,” katanya.

Beberapa sudah terpasang dengan sistem solar panel seperti kolam retensi Seduduk Putih, IBA, RS Siti Khadijah. “Memang kawasan milik masyarakat atau fasilitas umum ini kita kembangkan dengan teknologi solar panel,” katanya.

Selain hemat dan menguntungkan, menggunakan teknologi solar panel ini juga untuk menghindari pencurian kabel.

“Dari sisi hemat sangat hemat sekali karena kita gak harus bayar listrik dan ini pakai baterai yang juga diganti tiap lima tahun sekali,” katanya.

BACA JUGA  Diskusi Kesatuan Bangsa di Hotel Grand Daira

Ia mengatakan jika lampu jalan ini cocok juga pakai lampu tenaga solar panel ini tapi karena di jalan sudah ada jaringan sehingga memang solar panel ini di satu kawasan yakni seperti taman dan kolam retensi.

“Kawasan yang belum terpasang jaringan listrik diupayakan pakai solar panel,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button