SUMSEL

Gubenur Sumsel Buka Musrenbang RKPD Provinsi Sumsel 2023

Sinkronkan Program Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H Mawardi Yahya membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumsel Tahun 2023 di Hotel Santika Premiere, Rabu (13/04/2022).

Gubernur Sumsel, H Herman Deru Mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan merupakan salah satu cara dalam mensinkronkan program pemerintah baik pada Provinsi maupun Daerah. “Ya, hal ini dilakukan untuk mensinkronkan program Pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kita sehingga hasil dari kegiatan tersebut dapat mewujudkan visi dan misi daerah yang menunjang Rencana Pembangunan Nasional,” katanya.

Lanjutnya, dirinya meminta kepada Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri untuk dapat mengukur suatu progres pembangunan didaerah tidak disamaratakan dengan pembangunan diprovinsi lain. “Pembangunan disetiap daerah itu pasti berbeda, makanya kita minta untuk tidak disamaratakan,” ujar Deru.

Deru menjelaskan, terkait dengan arahan Presiden tentang penggunaan dan pembelian produk dalam negeri. Hal tersebut masih ada beberapa permasalahan dalam menerapkannya seperti variabel harga yang belum stabil. “Usulan Presiden untuk segera dapat membuat e-Katalog lokal untuk mendukung pembelian produk dalam negeri ini. Saya harap ini dapat direspon cepat,” jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihaknya berharap Musrenbang RKPD kali ini dapat mengeluarkan arah pembangunan yang realistis sesuai dengan kemampuan keuangan daerah yang dimiliki dan pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan jelas. “Ada 4 (Empat) Prioritas Pembangunan Daerah diantaranya Meningkatkan Kesejahteraan Sosial, Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi, Pembangunan Infrastruktur dan Wilayah Berbasis Lingkungan dan Tata Ruang, dan Reformasi Birokrasi dan Stabilitas Daerah,” ungkap Deru.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel, Dr Ir H Firmansyah MSc mengatakan, perumusan RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023 dilakukan dengan berbagai kegiatan meliputi Sinkronisasi Perencanaan Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui Musrenbang Kabupaten/Kota, Sinkronisasi Perencanaan Nasional dengan Provinsi. “Rancangan RKPD Provinsi Sumsel Tahun 2023 yang telah disusun selanjutnya akan disempurnakan melalui Musrenbang ini berdasarkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan. Hasil Musrenbang akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan yang akan ditandatangani oleh perwakilan stakeholder yang hadir,” katanya.

BACA JUGA  Pasca Dilaporkan, Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba Polres Banyuasin Dimutasi

Lebih lanjut diungkapkan, Pada tahun 2023 beberapa target Sumsel  yang perlu dicapai antara lain Pertumbuhan Ekonomi mencapai 5,60 persen, Tingkat Kemiskinan turun menjadi 10,27 persen, Tingkat Pengangguran Terbuka menurun menjadi 3,08 persen, Indeks Pembangunan Manusia meningkat menjadi 74,31, dan Indeks Gini menurun menjadi 0,26. “Dalam rangka mencapai target tahun 2023 dengan program yang terintegrasi, prioritas daerah dijabarkan menjadi Program Prioritas Daerah dan Kegiatan Prioritas Daerah yang menjadi pedoman bagi perangkat daerah di  Provinsi Sumatera Selatan untuk menyusun program/kegiatan/sub kegiatan nomenklatur pada masing-masing perangkat daerah,” ungkap Firmansyah.

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button