MOZAIK ISLAM

Sebelum Berangkat, Pentingnya Persiapkan Fisik dan Mental Calon Jamaah Umrah

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Calon Jamaah Umroh yang hendak memenuhi panggilan Allah untuk ibadah Umroh disarankan untuk mempersiapkan fisik dan mental. Hal ini berguna saat tiba melakukan kegiatan ibadah umroh.

Ustadz H.M Andori Muslim S.S,. M.Si mengatakan Ada tiga modal dasar ibadah umroh yaitu Ikhlas, sabar, dan rasa syukur.

“Makhluk Allah yang sudah memenuhi panggilannya yang dapat beribadah umroh, maka bersyukurlah kalian,”katanya kepada Calon jamaah umroh keberangkatan 17 Mei 2022 saat Manasik Umroh di Hotel Aston, Jumat (13/5/22).

Manasik merupakan bagian dari ikhtiar atau belajar sebelum melaksanakan umroh.

Perbaiki akhlak dan adab saat menjalankan ibadah umrah. Dalam surah Al Baqarag ayat 197 ada tiga hal yang merusak ibadah haji ataupun umroh.

Pertama Fusiq (berbuat fasiq, maksiat, merusak, buruk, aniaya, mengganggu orang lain), Kedua Rofast (Perbuatan atau perkataan tercela atau kotor atau jorok atau cabul), ketiga Jidal (Berbantah bantahan atau berdebat atau mengomel)

“Ketika menemukan hal yang tidak nyaman saat sebelum menjalankan ibadah umroh haruslah mempunyai tiga dasar tadi yaitu ikhlas, sabar dan syukur agar diperlancarkan ibadah umrohnya,”katanya.

Dalam menjalankan ibadah umroh hal yang perlu dilakukan yaitu meluruskan niat, mengikuti manasik untuk mempelajari hukum-hukum umroh, mengerjakan harus sesuai tuntunan kitabullah dan sunnah Rosilullah, jauhkan penyakit hati atau sifat syaiton (tanggalkan pakaian atau status dunia), ikhlas saling mengikhlaskan, sabar, tawakal, selalu berprasangka baik dan istiqomah serta pandai pandai memilih sahabat dalam beribadah.

“Tidak bermaksiat pada Allah di tengah menjalankan ibadah umroh, dipenuhi dan perbanyak amalan sholeh. Jika jamaah aktivitas diluar rukun, wajin dan sunnah umroh seperti ziarah maka harus diniatkan dan bertujuan memperkuat iman dan rasa cinta kepada Allah dan Rosulullah, insyaAllah Umroh Mabrur maqbulah.”kata ustadz Andori.

BACA JUGA  Bila Bumi Bergoncang, Harta dan Nyawa tak Berarti lagi

Selain mempersiapkan mental, Jamaah juga penting siapkan fisik yang sehat. Sebelum hari keberangkatan, ia mengatakan agar jamaah mencoba rutin berjalan pagi setelah subuh atau zuhur, beristirahat serta pebanyak minum air putih, multivitamin, dan makanan yang sehat halal dan baik.

“Bilaperlu konsultasikan kedokter serta membawa obat untuk menjaga ketika jatuh sakit atau lelah,”katanya.

Ia memberikan pesan kepada jamaah umroh, jika sepulang dari umroh agar tetap menjaga istiqomah dan melakukan kebiasaan beribadah saat di tanah suci.
“Harapan kita, setelah pulang menahan diri dari urusan berlebihan serta tidak menceritakan aib yang sama sama berumrah bersama kita,”tutupnya.

Para jamaah umroh yang melakukan ibadah dengan rasa niat hanya kepada Allah ta’allah insyaAllah semakin taqwa, kuat keimanannya, istiqomah dalam beribadah, senang bersedekah dan silahturahmi, juga semakin cerdas.

Reporter : Trijumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button