OKU SELATAN

Tebing Jagok, Tebing Terpanjang Dengan Kelokan Maut di OKU Selatan

MAKLUMATNEWS.com, MUARADUA – Tebing Jagok merupakan salah satu tanjakan yang berada di Kecamatan Pulau Beringin, Kabupaten OKU Selatan. Tebing Jagok yang terletak di antara dua desa yaitu Desa Tanjung Bulan Ilir dan Desa Pulau Beringin. Tebing ini  selalu menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara roda dua maupun roda empat ketika melintasinya.

Tebing Jagok memiliki panjang tanjakan lebih kurang 5 kilo meter di tambah lagi tikungan yang tajam serta jurang yang terjal di bahu jalan. Hal ini menjadikan tantang tersendiri bagi para pengendara, apalagi pengendara dengan muatan yang berat ketika melintasi jalan ini,belum lagi dengan aroma mistis dari tebing jagok semakin menjadikan tebing ini ditakuti oleh para pengendara ketika melintas.

Jika dari arah Pulau Beringin para pengendara akan dihadapkan dengan tanjakan yang panjang,sebaliknya jika dari arah Tanjung Bulan Ilir maka para pengendara akan di hadapkan dengan turunan yang panjang dan mengerikan.

Ahlan Kepala Desa Tanjug Bulan Ulu,  ketika berbincang dengan awak media ini menceritakan,Tebing Jagok merupakan sebutan dari tanjakan yang panjangnya mencapai 5 kilo meter yang berada di antara desa Tanjung Bulan Ilir dan  Desa Pulau Beringin.

Menurut Ahlan tanjakan yang panjang dan tikungannya tajam serta jurang yang ada di sepenjang sisi jalan sebelah kanan jika menanjak,membuat banyak para sopir yang enggan melewati jalan.

Karna tanjakannya yang panjang dan tikungannya yang tajam sehingga tanjakan ini di sebut banyak orang dengan sebutan Tebing Jagok.

Masih menurut Ahlan Jagok memiliki arti hebat,”artinya tebing ini hebat atau berat  untuk di lewati oleh para pengendara,” tutur Ahlan

Seorang pengendara roda empat yang sedang melintas Hendri juga mengatakan,tebing jagok ini sangat di takuti oleh dirinya dan para pengendara lainnya.

BACA JUGA  H.Sholihien Abuasir Ambil Formulir Pendaftaran Balon Bupati OKUS Periode 2024-2029.

Menurut Hendri jika melintasi tebing jagok ini kewaspadaan dan ke hati-hatian harus di tingkatkan,baik ketika sedang menanjak maupun menurun, karna tanjakan yang panjang yang di sertai dengan tikungan yang tajam menjadikan medan jalan ini sangat sulit untuk di lintasi,di tambah lagi badan jalan yang agak sempit membuat semakin sulitnya ketika melintasi Tebing  Jagok ini.

Hendri pun berpesan kepada para pengendara untuk berhati hati jika melintasi tanjakan pastikan rem dalam keadaan baik,” ujar Hendri .

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button