NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 39 Orang yang Mendustakan Ayat-Ayat Allah Adalah Tuli dan Bisu dari Kebenaran

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 39 berbunyi :

{ وَٱلَّذِینَ كَذَّبُوا۟ بِـَٔایَـٰتِنَا صُمࣱّ وَبُكۡمࣱ فِی ٱلظُّلُمَـٰتِۗ مَن یَشَإِ ٱللَّهُ یُضۡلِلۡهُ وَمَن یَشَأۡ یَجۡعَلۡهُ عَلَىٰ صِرَ ٰ⁠طࣲ مُّسۡتَقِیمࣲ }

Artinya :

Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami adalah tuli, bisu dan berada dalam gelap gulita. Barang siapa yang dikehendaki Allah (dalam kesesatan), niscaya disesatkan-Nya. Dan barang siapa dikehendaki Allah (untuk diberi petunjuk), niscaya Dia menjadikannya berada di atas jalan yang lurus.

Pada ayat ini Allah menyatakan bahwa orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah, mereka juga mendustakan rasul-rasul Allah, sesungguhnya mereka telah menutup pintu-pintu hidayah untuk mereka sendiri. Pada saat yang bersamaan mereka membuka pintu-pintu kehinaan bagi diri mereka.

Hakikatnya mereka itu tuli dari mendengar perkataan-perkataan baik, mereka itu bisu dari berucap yang berisikan hidayah. Sehingga tidaklah mereka bertutur kecuali dengan kata-kata yang batil.

Mereka itu tenggelam dalam kegelapan, penuh kebodohan, kekafiran, kezaliman, pembangkangan, kemaksiatan. Dan inilah cara Allah menyesatkan mereka.

Sungguh hanya Allah yang menunjuki hidayah atau yang menyesatkan makhluk-Nya.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat An Nisa' Ayat 174 Balasan Bagi Mereka yang Beriman dan Berpegang Teguh kepada Alquran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button