NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 70  Jauhi Orang-Orang yang Memperolok-Olok dan Mempermainkan Islam

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 70 berbunyi :

{ وَذَرِ ٱلَّذِینَ ٱتَّخَذُوا۟ دِینَهُمۡ لَعِبࣰا وَلَهۡوࣰا وَغَرَّتۡهُمُ ٱلۡحَیَوٰةُ ٱلدُّنۡیَاۚ وَذَكِّرۡ بِهِۦۤ أَن تُبۡسَلَ نَفۡسُۢ بِمَا كَسَبَتۡ لَیۡسَ لَهَا مِن دُونِ ٱللَّهِ وَلِیࣱّ وَلَا شَفِیعࣱ وَإِن تَعۡدِلۡ كُلَّ عَدۡلࣲ لَّا یُؤۡخَذۡ مِنۡهَاۤۗ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ ٱلَّذِینَ أُبۡسِلُوا۟ بِمَا كَسَبُوا۟ۖ لَهُمۡ شَرَابࣱ مِّنۡ حَمِیمࣲ وَعَذَابٌ أَلِیمُۢ بِمَا كَانُوا۟ یَكۡفُرُونَ }

Artinya :

Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur`ān agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), disebabkan perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran mereka dahulu.

Pada ayat ini Allah memerintahkan Nabi Muhammad Saw untuk menjauhi orang-orang yang menjadikan agama Islam sebagai permainan dan perolok-olokan. Mereka mempermainkan ayat-ayat Allah SWT, dan tertipu oleh keindahan dunia.

Ingatkanlah orang-orang musyrik dan lainnya dengan Alquran, agar mereka tidak menjerumuskan diri mereka ke dalam kehancuran dan kebinasaan akibat perbuatan dan kekafiran mereka.

Sungguh tidak ada yang bisa menolong mereka, serta menyelamatkan mereka dari azab Allah kecuali Allah itu sendiri, meskipun mereka menyediakan jaminan dan tebusan dalam bentuk apapun dan sebanyak apa pun.

Mereka itulah orang-orang yang menjerumuskan diri mereka ke dalam api neraka karena kedurhakaan dan kekafiran mereka.

Allah sediakan bagi mereka di dalam api neraka minuman yang sangat panas, minuman yang menghancurkan dan meluluh lantakkan seluruh isi perut dan daging-daging mereka.

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 173  Keinginan Sebagian Manusia Berlepas Diri dari Tanggung Jawab

Dan Allah sediakan bagi mereka siksa ada yang sangat pedih tiada tara.

 

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button