INTERNASIONAL

Berjumpa Mufti Tunisia, Dubes Zuhairi Misrawi Bahas Penguatan Kerjasama Moderasi Beragama 

MAKLUMATNEWS.com, Tunisia — Duta Besar Republik Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi melakukan pertemuan dengan Mufti Tunisia, Syaikh Hisyam Mahmud di Kasbah, Tunis (13/3).

Dalam pertemuan tersebut, Dubes Zuhairi Misrawi menyampaikan penguatan kerjasama moderasi beragama antara kedua negara, Indonesia-Tunisia.

Dubes Zuhairi Misrawi merupakan Duta Besar dari negara-negara sahabat dan dunia Islam yang diterima pertama kali oleh Mufti Tunisia yang baru dilantik Presiden Kais Said ini.

“Sebagai Duta Besar RI untuk Tunisia, saya merasa tersanjung karena menjadi Duta Besar yang diterima pertama kali untuk melakukan pertemuan dengan Mufti Tunisia, Syaikh Hisyam Mahmud, yang baru dilantik Presiden Tunisia, Kais Said.

Kami membahas perlunya penguatan kerjasama moderasi beragama. Indonesia dan Tunisia merupakan dua negara yang menyebarluaskan dan mengembangkan moderasi beragama, sehingga agama mampu memberikan dampak positif dalam membangun peradaban kebangsaan dan kemanusiaan.

Sebelum dilantik sebagai Mufti Tunisia, Syaikh Hisyam Mahmud adalah Imam Besar Masjid Zaitunah”, ujar Dubes RI lulusan Universitas al-Azhar, Kairo, Mesir.

“Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas Muslim. Para ulama dan umat Islam bersama-sama dengan umat agama-agama yang lain mempunyai peran penting dalam mewujudkan dan membangun bagi kemajuan bangsa.

Sebab itu, penguatan kerjasama moderasi beragama antara Indonesia dan Tunisia akan mampu mendorong perdamaian dan toleransi, sehingga dapat menginspirasi dunia Islam.

Pendidikan keulamaan menjadi hal penting sebagai bagian dari kaderisasi untuk melahirkan ulama yang dapat membangun peradaban kebangsaan dan kemanusiaan”, tandas Dubes Zuhairi Misrawi. (*/KBRI Tunisia)

 

 

BACA JUGA  Kemenag Gelar Dialog dan Apresiasi Musik Moderasi Beragama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button