POLITIKSUMSEL

Diharapkan Maju Kembali pada Pilgub 2024, Berikut Profil Gubenur Sumsel H Herman Deru

MAKLUMATNEWS.com, Palembang – H. Herman Deru merupakan Gubernur Sumatera Selatan Periode 2018 hingga 2023 yang memiliki keturunan suku komering.

Anak ke enam dari 14 bersaudara ini dikenal aktif turun ke lapangan mengunjungi warga untuk sekedar berdiskusi menyerap berbagai aspirasi dan masalah yang dihadapi warganya.

Hal tersebut salah satu yang membuatnya terpilih menjadi Gubernur Sumsel saat ini.

Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur selama dua periode 2005 hingga 2015.

Pada pemilihan Gubernur, ia bersama pasangan Ir H Mawardi Yahya berhasil memperoleh suara terbanyak.

Tepat pada 1 Oktober 2018, pasangan tersebut dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Sumsel di Istana Negara.

Suami dari Febrita Lustia ini dilahirkan pada tanggal 17 November 1967 di Belitang. Namanya merupakan akronim dari “Lahir Zaman Orde Baru”.

Mendapat gelar Cek Deru, ia meniti pendidikan di SD Ngeri 1 Sidomulyo Belitang, lalu pendidikan di SMP Negeri 1 Belitang, kemudian ke SMA Negeri 3 Palembang.

Ia melanjutkan pendidikan di  Fakultas HukumUniversitas Syakyakirti dengan gelar sarjana hukum pada tahun 1995.

Sebelumnya ia juga pernah kuliah di Universitas Muhammadiyah Palembang dan melanjutkan Magister Manajemen di STIE Trisna Negara pada tahun 2008.

Berkarir di dunia politik sudah lama ia jalani. Ia sempat menjadi calon Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) pada tahun 1999 sebelum kalah oleh Syahrial Oesman dengan selisih hanya satu suara saja di DPRD OKU.

Kemudian, pada Pilkada 2005 ia maju menjadi calon bupati berpasangan dengan Kholid Mawardi dan diusung oleh PBB-PNBK.

Pasangan ini kemudian keluar sebagai pemenang mengalahkan pasangan dari PDIP Amri Iskandar – Sugiyanto.

BACA JUGA  Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf Tutup Kongres Ke-16 Fatayat NU di Sumsel

Pada saat menjabat Bupati OKU, ia pernah mengeluarkan kebijakan mengenai pemakaian bahasa daerah yaitu Bahasa Komering dan Bahasa Jawa termasuk bahasa ibu lainnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Masyarakat OKU Timur diwajibkan menggunakan bahasa daerah Komering pada tanggal 5 setiap bulannya.

Sedangkan tanggal 15 dijadwalkan menggunakan bahasa Jawa, dan setiap tanggal 25 menggunakan bahasa Ibu atau bahasa daerah masing-masing.

Terkait hal ini, pemerintah daerah sudah menerbitkan buku saku atau kamus bahasa daerah Komering, bahasa Jawa, dan berikut artinya dalam bahasa Indonesia.

Atas berbagai prestasi yang ditorehkan pada periode pertama (2005-2010), Herman Deru dan pasangannya Kholid Mawardi memenangkan Pilkada OKU Timur tahun 2010 dengan perolehan suara sebesar 94,86 persen

Meskipun telah bermunculan bakal penantang pada Pilgub Sumsel pada 27 November 2024 mendatang,  Sekertaris DPW Partai Nasdem Sumsel Ir H Syamsul Bahri mendorong dan optimis Heman Deru dapat melanjutkan kepemimpinan dua periodenya.

“Kita optimis Insya Allah Herman Deru untuk dua periode berjalan mulus memimpin menjadi Gubernur Sumsel,”katanya.

Ia menyebutkan Herman Deru dari segi elektabilitas kepercayaan masyarakat sudah mengantongi capaian 80 persen. Di samping itu Herman Deru adalah Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel.

“Tinggal tunggu pelaksanaan integrasi Pilkada tahun 2024.

Insya Allah juga apa yang diharapkan masyarakat Sumsel ini, Nasdem juga akan menjadi juara di Pileg 14 Februari 2024 mendatang,”ucapnya.

Meskipun secara resmi Herman Deru belum menyatakan dirinya bakal maju kembali pilgub 2024. Namun, dari masyarakat dan kader Nasdem telah meminta Herman Deru memimpin Sumsel dua periode.

“Tentu ada mekanisme partai, sampai sekarang masih menunggu petunjuk DPP, apakah seorang calon kepala daerah itu bisa berhak maju untuk Nyaleg Nasdem.

BACA JUGA  Di Sumsel, Dilarang Ada Tambang Rakyat, Aktivis Peduli Sumsel Kritisi Kebijakan Kementrian ESDM

Belum ada petunjuk itu, kalau ada petunjuk itu, secara otomatis kita laksanakan arahan-arahan dari DPP,”katanya.

Syamsul juga optimis rata-rata organi sasi yang ada di Sumsel ini mendukung apa yang diperbuat Herman Deru sebagai kepala pemerintahan daerah termasuk  sebagai gubernur yang akan datang.

“Sekarang beliau luar biasa. Contoh terjadinya bencana Lahat, beliau langsung saja datang berangkat menunjukkan bahwa beliau prihatin dengan kondisi di Lahat ini,” ujarnya.

Herman Deru diyakini siap berkompetisi dengan mulai banyaknya bermunculan Bakal Calon Gubernur Sumsel di Pilgub 2024

Ada nama dua anggota DPR RI yakni Ir H Eddy Santana Putra MT, Ir H Ishak Mekki MM, ada Bupati PALI DR Ir H Heri Amalindo yang bakal menjadi penantangnya nanti.

“Beliau transparan, terbuka. Siapa pun yang bakal nyalon lainnya silahkan saja. Berkompetisi dengan sesuai aturan yang berlaku. Beliau siap juga berkompetisi dengan calon-calon lain,” kata Syamsul.

 

 

Reporter : Tri Jumarti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button