NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al An’am Ayat 135  Berbuatlah dan Perbuatan Kalian akan Dipertanggungjawabkan

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 135 berbunyi :

{ قُلۡ یَـٰقَوۡمِ ٱعۡمَلُوا۟ عَلَىٰ مَكَانَتِكُمۡ إِنِّی عَامِلࣱۖ فَسَوۡفَ تَعۡلَمُونَ مَن تَكُونُ لَهُۥ عَـٰقِبَةُ ٱلدَّارِۚ إِنَّهُۥ لَا یُفۡلِحُ ٱلظَّـٰلِمُونَ }

Artinya :

Katakanlah (Muhammad), “Wahai kaumku! Berbuatlah menurut kedudukanmu, aku pun berbuat (demikian). Kelak kamu akan mengetahui, siapa yang akan memperoleh tempat (terbaik) di akhirat (nanti). Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan beruntung.

Pada ayat ini Allah menyeru kepada Nabi Muhammad Saw untuk menyampaikan kepada kaumnya agar teruslah berbuat sesuai dengan kedudukan masing-masing.

Ungkapan ini berlaku juga untuk orang-orang kafir, ketika mereka tidak bisa menerima kebenaran maka teruslah berbuat sesuai dengan kehendak hati kalian.

Sesungguhnya Nabi Muhammad terus berbuat sebagaimana tuntunan syariat yang Allah berikan kepadanya.
Ayat ini mengajarkan kepada kita untuk terus berbuat kebaikan, dan janganlah berhenti dari berbuat kebaikan karena adanya perbuatan buruk yang orang lain lakukan.

Karena pada akhirnya, akan tampak pertolongan Allah di dunia kepada orang-orang yang benar, dan akan tampak pahala yang luar biasa kepada orang-orang yang benar tersebut di hari kiamat.

Dan orang-orang kafir Itu tidak akan beruntung baik di dunia maupun di akhirat. Meskipun saat di dunia mereka bersenang-senang.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A'raf Ayat 167 Allah Akan Mengirim Orang-Orang yang Menghinakan Orang-Orang Yahudi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button