CAHAYA RAMADAN

Rasulullah Manusia Paling Bermanfaat

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — JIKA kita bertanya, siapa yang paling pantas untuk diadikan model manusia yang paling banyak memberi manfaat.

Maka jawabannya yang paling tepat adalah Baginda Rasulullah Saw.
Benar, dia lah Rasulullah Saw. Beliau memang pribadi yang bermandikan kesempurnaan.
Siapa pun yang membaca kesempurnaan jalan hidupnya pasti akan mencintai beliau sepenuh hati.
Beliau begitu sangat mencintai ummat nya, keluarganya, sahabat bahkan bagi musuhnya sendiri.
Beliau sangat mencintai umatnya sampai di ujung kehidupan nya.
Saat menjelang wafat, semestinya beliau lebih konsentrasi kepada sakit yang diderita nya atau maut yang sudah mendekati.
Tetapi, ia terus mengungkapkan perasaan cintanya tanpa batas, Ummati, Ummati, Ummati.
Beliau telah meninggal warisan iman dan Islam kepada umatnya. Sehingga mereka menyandang gelar muslimin dan mukminin.
Itu lah mutiara yang paling berharga, intan paling mahal yang dilimpahkan kepada umatnya.
Semua hal yang mendekatkan kepada surga dan menjauhkan dari neraka telah dijelaskan dengan sangat jelas, seperti matahari di siang bolong.
Rasulullah bersabda :
“Tidak ada amalan yang bisa mendekatkan ke surga melainkan sudah aku perintahkan kalian mengerjakan nya. 
Tidak ada amalan yang bisa mendekatkan ke neraka melainkan sudah aku cegah kalian dari mengerjakan nya. 
Tidak akan salah satu dari kalian di hambat menerima rezeki. Sesungguhnya Jibril telah mengilhamkan kepada ku, bahwa setiap kalian tidak akan meninggalkan dunia ini/wafat, sampai Allah sempurna kan rezekinya. 
Maka takut lah kalian wahai manusia kepada Allah. Perbaikilah cara kalian mencari rezeki, karena tidak akan dihambat datang nya rezeki kalian.
Maka jangan lah kalian mencari rezeki dengan jalan maksiat, karena Allah SWT tidak akan memberikan barakah karunia Nya, dicari dengan cara maksiat.” (HR. Al Hakim, dari Ibnu Mas’ud)
Dalam Alquran juga disebut tentang sifat pengasih Rasulullah Saw.
“Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.”  (QS. At Taubah, 128)
Berat terasa oleh nya penderitaan mu, dia sangat menginginkan keselamatan kalian, dan terhadap orang orang beriman, dia sangat lembut dan penyayang.
Sayangnya, seperti kata Hasan Al Bashri, kalian -umat Islam – mengenal sosok Rasulullah dengan sangat baik, tapi pada waktu yang bersamaan kalian banyak melanggar sunnah sunnah nya, hal ini membuat doa doa kalian tidak dikabulkan.
Tidak bisa dibayangkan, sekiranya Allah tidak mengutus Rasul-Nya kepada umat manusia. Bisa dipastikan, kita akan menjadi manusia manusia yang sangat jauh dari hidayah Allah.
Hidup tanpa aturan, musyrik, sewenang-wenang, tidak ada arah hidup, jahiliah, gelap, hidup seperti bintang dan seterusnya.
Karena itulah, Allah bershalawat, memuji dan meridhai Rasulullah, lalu Dia perintahkan malaikat dan orang orang beriman bershalawat mendoakan untuk dirinya.
“Sesungguhnya Allah dan Malaikat Nya bershalawat kepada Nabi. Wahai orang orang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada nya.” (QS. Al Ahzab, 56)
Tidak ada umat Islam di muka bumi ini yang meragukan, bahwa Rasulullah Saw merupakan sosok yang sangat bermanfaat dalam kehidupan nya.
Kelak dihari kiamat, orang orang beriman menunggu Syafaat Al Udzmah yang hanya Allah berikan kepada Rasulullah Saw.
Semoga kita termasuk di antaranya. Aamiin. (*)
* Oleh : Albar Sentosa Subari
Dosen dan Ketua Pembina Adat Sumsel

BACA JUGA  Kabar Gembira dalam Al-Quran, Orang Istiqomah Mendapat Ketenangan dan Rezeki yang Luas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button