WANITA

Ini Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil

MAKLUMATNEWS.com – Topik yang mengatakan bahwa wanita dengan menstruasi yang tidak teratur akan memiliki kesempatan hamil yang lebih sedikit daripada wanita dengan menstruasi yang teratur, itu memang benar. Ini dikarenakan wanita dengan menstruasi tidak teratur memiliki masa ovulasi yang tidak pasti. Jadi, biasanya wanita dengan menstruasi yang tidak teratur mencoba program hamil, mereka akan berhadapan dengan banyak ketidakpastian.

Namun, menstruasi yang tidak teratur bukan berarti menjadikan kamu wanita yang tidak subur. Berikut beberapa hal yang dapat membuat jadwal menstruasi seorang wanita jadi tidak teratur.

1. Mengalami Obesitas atau Kegemukan

Wanita yang memiliki berat badan berlebih dapat memicu perubahan hormonal, sehingga wanita dengan obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami keterlambatan menstruasi. Untuk menghindari terjadinya hal ini, kamu bisa melakukan diet sehat yang disertai dengan olahraga yang teratur.

2. Alami Stres Berlebihan

Bagian otak yang mengatur siklus menstruasi akan terganggu ketika seorang wanita mengalami stres. Akibatnya, siklus menstruasi akan terlambat dan terjadi kenaikan berat badan, bahkan penurunan berat badan secara drastis. Untuk menghindari terjadinya stres, kamu bisa melakukan teknik relaksasi, atau dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik agar siklus haid kembali lancar.

3. Berat Badan Kurang

Wanita dengan gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia akan memengaruhi proses ovulasi. Ovulasi sendiri merupakan proses ketika sel telur yang sudah matang dikeluarkan dari ovarium ke tuba falopi untuk dibuahi. Untuk menghindari terjadinya hal ini, obati gangguan makan yang kamu alami, serta naikkan berat badan dengan mengonsumsi makanan sehat guna mengembalikan siklus menstruasi normal.

4. Memakai Alat Kontrasepsi

BACA JUGA  Mama Dedeh di Gandus, Malaikat Bentangkan Sayapnya

Jika kamu pengantin baru yang sedang menunggu momongan, hindari mengonsumsi pil KB atau alat kontrasepsi lainnya. Karena pil KB mengandung hormon progestin dan estrogen yang dapat mengganggu proses ovulasi. Seseorang yang mengonsumsi pil ini akan membutuhkan waktu sekitar enam bulan agar siklus menstruasi kembali normal.

5. Mengalami Menopause Dini

Seorang wanita yang mengalami gejala menopause dini sebelum usia 40 tahun akan membuat terhentinya pelepasan sel telur. Ini mengakibatkan menstruasi jadi terlambat, bahkan berhenti sama sekali. Untuk mencegahnya terjadinya menopause dini, kamu bisa mengosumsi kacang kenari, gandum hitam, kacang kedelai, brokoli, paprika, wortel, serta coklat. Selain itu, kamu wajib untuk melakukan olahraga sederhana seperti yoga, lari, atau berenang secara rutin setiap hari guna memperbaiki sirkulasi darah.

6. Wanita Perokok

Jika kamu seorang wanita yang mempunyai kebiasaan merokok, lebih baik hentikan sekarang juga. Merokok dapat menyebabkan gangguan pada menstruasi, karena zat-zat yang terkandung di dalamnya, termasuk nikotin yang dapat memengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam siklus menstruasi.

Jangan pernah menganggap bahwa terlambat menstruasi merupakan hal yang sepele. Karena bisa menjadi gejala penyakit yang serius. Jika kamu sering mengalami keterlambatan menstruasi dan ingin segera hamil, segera periksakan diri ke dokter ya!

Sumber : Halodoc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button