LIFESTYLE

Tradisi Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam di Palembang 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Meski tak seramai saat menyambut tahun baru Masehi, masih ada sebagian orang memeriahkan tahun baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriah.

Peringatan tahun baru Islam salah satunya disambut dengan meriah oleh ratusan santri dan warga di Masjid Darul Falah, Jalan Karantina, Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarame, Palembang.

Warga dan santri dari santri Pondok Pesantren Aulia Cendikia dan Pondok Pesantren Sultan Mahmud Badaruddin bersama warga dari RT 12, 13, 14, 15, dan 25 melakukan pawai obor pada Selasa malam (18/7/2023).

Setidaknya 600 orang melakukan pawai obor menyambut 1 Muharram dengan berkeliling permukiman sambil melafazkan asma Allah.

Para remaja, anak-anak, dan orang tua yang turut dalam pawai obor ini berjalan kaki sejauh lebih kurang tiga kilo meter.

Masyarakat pun antusias melihat semaraknya pawai obor yang mengitari permukiman di Kelurahan Talang Jambe itu.

Bahkan pengemudi kendaraan yang melintas dengan senangnya berhenti dan mengabadikan momen itu memakai kamera handphone.

Setelah pawai obor, para peserta mendengarkan tausiyah bersama di Masjid Darul Falah bersama warga dan santri berlangsung dengan khusyuk.

Ketua Masjid Darul Falah, Mustaqim Masni’an mengatakan batradisi pawai obor ini telah berlangsung lama dan ini sebagai bentuk cara menyambut datangnya tahun baru Islam 1445 Hijriah.

“Kita juga mengingatkan kepada anak-anak bahwa sebagai umat Islam sudah sepatutnya menyambut tahun baru Islam,” katanya.

Mustaqim berharap, di tahun baru ini umat Islam dapat lebih baik ke depannya akan tetap menjalankan kewajibannya.

“Semoga kita semua diberkahi dan terus bersalawat,” katanya.

 

 

Reporter : Pitria

BACA JUGA  Tradisi Ziarah Usai Shalat Idhul Fitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button