SUMSEL

Kafilah STQH Sumsel Bawa 6 Tropi, Disambut Hangat

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Kafilah STQH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang merebut tiga besar nasional pada ajang STQH Nasional XXVII Tahun 2023 di Jambi, Selasa sore, 7 November 2023 pukul 17.00 Wib tiba kembali di Bumi Sriwijaya.

Mereka membawa 6 tropi dan hadiah Rp 63,5 Juta, disambut hangat di Gedung VVIP Bandara SMB II Palembang oleh Pj Gubernur Sumsel yang diwakili Asisten I Bidang Pemkesra, Drs H Edward Candra, MH di dampingi Kakanwil Kemenang Sumsel, Dr H Syafitri Irwan, dan Asisten III Sekda, H Kurniawan, serta pejabat lainnya.

Kafilah STQH Sumsel yang dipimpin Karo Kesra, Dr H Sunarto dan Ketua Harian LPTQ Sumsel, KH Mudrik Qori, mendarat sekitar pukul 17.00, dan langsung dijemput bus di pintu pesawat menuju Gedung VVIP.

 

Para Juara yang mendapat tropi di ajang STQH Nasional XXVII Tahun 2023 di Jambi. (Foto : IST)

Mereka disambut hangat dengan pengalungan sal oleh H Edward Candra kepada H Sunarto, dan KH Mudrik Qori, serta kepada tiga juara 1 STQHN, yakni M Ihsan Taufik, Azmi Dwi Yanti, dan Syahmi Rajih Qusoyyi.

Selain itu, kafilah STQH Sumsel yang mencatat sejarah baru ini, disambut pula dengan tarian khas daerah Bumi Sriwijaya oleh sejumlah penari.

Selanjutnya setelah foto bersama, para peserta/kafilah disuguhi jamuan berupa nasi, tekwan dan pempek. Sebelum pulang ke kediaman masing-masing.

Menurut Sekretaris LPTQ Sumsel, H Agus Jaya, berdasarkan informasi yang ia terima, insyaa Allah nanti ada acara khusus penyambutan oleh Pj Gubernur, Dr H Agus Fathoni. Tapi waktunya masih diatur, ujar Agus Jaya.

Pada STQH Nasional XXVII tahun 2023 ini, kafilah Sumsel yang terdiri dari 20 peserta putra dan putri, berhasil mengukir sejarah baru, karena untuk pertama kalinya meraih peringkat ketiga nasional.

Sumsel hanya kalah dari Jatim dan DKI Jakarta, yang memang langganan juara. Dengan predikat tiga besar nasional ini, Sumsel merupakan kafilah STQH terbaik di luar Jawa.

BACA JUGA  Berhasil Cegah Penyelundupan 676 Ribu Benih Lobster,  Kabaharkam Polri Beri Penghargaan Kepada Polairud Polda Sumsel

Pada STQH ini, Sumsel meraih nilai 15 dari 3 pemenang yakni M Ihsan Taufik dan Azmi Dwi Yanti (cabang hapalan hadits 100 bersanad putra dan putri), serta Syahmi Rajih Qusoyyi (cabang tahfidz 1 juz dan tilawah putra).

Ihsan Taufik dan Azmi Dwi Yanti selain meraih tropi, juga mendapatkan hadiah uang masing-masing sebesar Rp 20 juta. Sedangkan Syahmi mendapat tropi dan hadiah Rp 10 juta.

Selain itu kafilah Sumsel juga meraih juara harapan 1 yakni Hanny Virginia Anggraini (tahfiz 30 juz putri). Hanny mendapatkan tropi dan hadiah uang Rp 5 juta.

Kemudian Rendi Dwi Saputra (tahfiz 30 juz putra). Rendi meraih juara harapan 2, mendapatkan tropi dan hadiah Rp 4,5 juta.

Sedangkan Istiqomah (hapalan hadits 500 tak bersanad putri) mendapatkan tropi dan hadiah Rp 4 juta sebagai juara III.

Dengan demikian kafilah STQH Sumsel, pulang dengan membawa 6 tropi dan hadiah uang sebanyak Rp 63,5 juta. Tropi dan hadiah uang ini menjadi milik pemenang.

Prestasi Sumsel meraih rangking III Nasional pada STQH Nasional 2023 ini mendapat apresiasi dari banyak pihak termasuk dari Pemprov Sumsel.

Untuk itu KH Mudrik Qori mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Menurutnya, prestasi tersebut berkat sinergitas yang baik antara tiga pilar yakni Biro Kesra, Kanwil Kemenag, dan LPTQ.

Juga berkat dukungan dan motivasi dari Pj Gubernur dan jajaran, Ketua DPRD Sumsel dan jajaran, khususnya Komisi V.

 

Asisten I Sekda Sumsel dan Kakanwil Kemenag Sumsel foto bersama kafilah STQH Sumsel. (Foto : IST)

Dan tentu juga berkat dukungan dari BUMN, BUMD, dan pengusaha perorangan, serta berkat doa dari seluruh masyarakat Sumsel, ujar Mudrik.

Ihsan Taufik saat ini mondok di Ponpes Pena Kita Sakatiga Ogan Ilir, selain kuliah di IAIQ Al Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir.

BACA JUGA  Tiga Utusan Sumsel Maju ke Babak Final STQH Tingkat Nasional di Jambi

Sedangkan Azmi Dwi Yanti mondok di Ponpes Qodratullah Desa Langkan Banyuasin.

Sementara Syahmi saat ini, mondok di Ponpes Jam’iyyatul Qurro’ Palembang.

Bagi Ihsan dan Azmi untuk pertama kalinya ikut STQH Nasional, sedangkan Syahmi pernah ikut MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalsel.

Saat itu Syahmi turun di cabang tilawah anak. (*/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button