SUMSEL

Demi Listrik Pulau Jawa, PTBA dan PT KAI Tingkatkan Angkutan Batubara Sumsel

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Batubara PTBA yang diangkut dengan tkereta api relasi Tanjung Enim Baru – Kertapati dan Tanjung Enim Baru – Tarahan merupakan Angkutan logistik yang dioperasionalkan untuk mendukung pasokan energi nasional, dalam hal ini listrik di Jawa dan Sumatera melalui PLTU Suralaya.

Selain untuk mendukung meningkatnya permintaan kebutuhan listrik di Jawa dan Sumatera, MOU antara PTKAI- PTBA dan PT PLN sebagai rangkaian dalam mendukung pasokan energi nasional, menyebabkan intensitas angkutan batubara di wilayah Sumsel ikut meningkat.

Hal ini tentunya menjadi perhatian serius jajaran manajemen PTKAI dan PTBA.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti menjelaskan Manajemen PTKAI menyiapkan kebutuhan SDM serta sarana dan prasarana pendukung serta terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan stakeholder lainnya agar perjalanan kereta api batubara lancar dan terkendali.

Dari pihak PTBA sendiri, selain menambah TLS (Train Load Station), perbaikan prasarana pendukung lainnya, juga membangun jalan akses di lahan PTBA, selain menghubungkan area barat dan area timur IUP PTBA, juga untuk mendukung safety.

Jalan akses yang dibangun tersebut sudah selesai di awal tahun ini termasuk proses perizinannya.

Pembangunan jalan akses yang melintasi rel kereta api ini sudah sesuai prosedur ketentuan yang ada.

Pihak PTBA sudah melakukan tahapan pembangunan termasuk berkoordinasi dengan PTKAI maupun instansi terkait lainnya.

Hal ini menegaskan kembali bahwa pembangunan jalan akses tersebut sudah sesuai ketentuan sekaligus sebagai klarifikasi untuk pernyataan yang ada sebelumnya, lanjut Aida.

PTKAI, PTBA dan stakeholder lainnya terus melakukan koordinasi melalui berbagai upaya secara offline dan online.

Hal ini dimaksudkan agar .penugasan amanah dari pemerintah untuk angkutan batubara Sumsel dalam upaya mendukung pasokan energi nasional Sumatera, Jawa dan Bali, terus berjalan lancar.

BACA JUGA  Banjir Hadiah Malam Final Turnamen Gaple Golkar Cup 2022

 

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button