SUMSEL

Dinas PU Perkim Sumsel Komitmen Bangun infrastruktur yang Berkesinambungan dan Bermanfaat Bagi Masyarakat 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Dinas PU Perkim Sumsel berkomitmen membangun infrastruktur di daerah ini secara berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat.

Komitmen tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pelaksana Tugas (PLT) Disperkim Sumsel Ir. H.Novian Aswardani, S.T., M.M., IPM., ASEAN.Eng saat diwawancarai di sela kegiatan Gowes Bersama Dalam Rangka Hari Bakti PU Ke-78 Tahun 2023 dilaksanakan PU Perkim Jumat, 1 Desember 2023.

Novian mengatakan, hari ini pihaknya banyak kegiatan, termasuk seluruh instansi ke PU an baik dinas-dinas PU di Provinsi Sumsel maupun balai-balai dari Kementerian PU yang ada di daerah ini.

“Untuk pagi tadi kami melaksanakan gowes bersama dan berakhir di Jakabaring. Itu semua untuk mempererat silaturahmi antar instansi infrastruktur di Sumsel.

Disitu juga kami manfaatkan untuk komunikasi sinergitas antar program sehingga pekerjaan khususnya infrastruktur yang ada di Sumsel berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Novian menjelaskan, untuk capaian kinerja di seluruh instansi, infrastruktur baik bidang jalan, perumahan, dan irigasi semuanya sudah berjalan on the track sesuai dengan program masing-masing.

“Alhamdulillah semua itu bertujuan untuk membangun Sumatera Selatan. Hari Minggu nanti kami akan berkumpul di Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII dalam rangka upacara hari PU ke 78 tahun 2023 provinsi Sumsel yang insya Allah akan dihadiri oleh pak PJ Gubernur Sumsel,” tuturnya.

“Kita secara makro di Perkim Sumsel membantu capaian terhadap, terutama stunting, kemiskinan ekstrem dan kemiskinan di daerah ini.

Disitu kita hadir beberapa program sudah berjalan dengan baik dan alhamdulillah Sumsel untuk penanganan stunting, kemiskinan ekstrem dan kemiskinan di Sumsel sudah dapat ditekan dengan baik,” tambah Novian.

BACA JUGA  DPD Partai Garuda Sumsel Terima Kunjungan Relawan Bersatu untuk Indonesia, Ini yang Dibahas

Lebih lanjut Novian menuturkan, pada Hari Bakti PU ke-78, dapat dilihat seluruh instansi ke PU-an di Sumsel itu sedang banyak kegiatan.

“Semuanya itu apa yang kegiatan dilaksanakan hari ini dilakukan secara internal. Dan untuk eksternal kami sudah melakukan bakti sosial di masyarakat,” ucapnya.

Masih dilanjutkannya, untuk gowes bersama ini merupakan gowes biasa bukan gowes berhadiah, kalau untuk perlombaan itu sudah jalan.

Hari ini kalau kita ke balai pasti ada kegiatan-kegiatan internal yang sifatnya pengeratan silaturahmi antar bidang dan antar balai.

Di mana kemarin sendiri ada bulu tangkis, gateball, sepak bola, tenis, semuanya sudah berjalan, dan puncak acara kita di tanggal 3 Desember 2023.

“Adapun tagline/tema Hari Bakti PU ke 78 Tahun 2023 yakni “Sigap membangun Negeri”, di mana tema ini sendiri dalam artian bahwa insan teknis baik di seluruh Indonesia itu mempunyai peran yang penting dalam pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

“Target kita terakhir dari seluruh kepala OPD keteknisan dari Balai dan kepala dinas provinsi PU, kami inginkan sinergisitas.

Artinya kita tidak berjalan sendiri-sendiri dalam program teknis. Sehingga manfaat infrastruktur itu bagi masyarakat dapat langsung dirasakan oleh masyarakat di Sumsel. Sekali lagi dirgahayu PU ke-78,” tandasnya.

 

Terjalin silaturahmi

Sementara itu, Asisten II Bidang E.Keu dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, M.Sc, di peringatan Hari Bakti PU Ke 78 Tahun 2023 mengatakan jika dilihat dalam 5 tahun terakhir banyak sumbangsih dari Bakti PU membangun negeri ini, semua kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

“Baik itu infrastruktur jalan, infrastruktur sumber daya air (SDA), infrastruktur ke cipta karyaan, termasuk di sini stadion, lapangan latihan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  GPISS Mampu Kendalikan Inflasi Sumsel Awal Tahun 2024

Dan juga infrastruktur lainnya seperti rusunawa, pembangunan gedung, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Kemudian.hari ini terjalin silaturahmi antara pemerintah kabupaten/kota, insan PU-nya, maksud saya di sini dengan pemprov, dan juga dengan seluruh balai yang ada di provinsi Sumsel untuk membangun kebersamaan dan membangun silaturahmi.

Sedangkan puncaknya nanti di tanggal 3 Desember 2023 kita akan melaksanakan upacara Hari Bakti PU yang ke 78.

“Adapun tagline atau tema pada Hari Bakti PU Ke 78 tahun 2023 ini yakni Sigap Membangun Negeri,” ungkapnya.

Turut hadir dan membuka langsung kegiatan ini Penjabat (PJ) Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili Asisten II Bidang E.Keu dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel Ir Basyaruddin Akhmad, M.Sc.

Kepala Balai Besar Jalan Nasional (BBJN), Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) provinsi Sumsel Ir H Herwan, M.M, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PU BM TR) provinsi Sumsel, dan para peserta gowes.

 

Reporter : Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button