SEHAT

Prodia Hadirkan CArisk Pemeriksaan Identifikasi Kanker Berbasis Genetic

MAKLUMATNEWS.com, Palembang –Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti sebagian besar orang. Pasalnya, penyakit ini seringkali menyebabkan kematian dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh.

Penyakit ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dan berpotensi menyebar ke bagian tubuh lain yang menyebabkan banyaknya jenis dan subjenis kanker.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko kanker selain riwayat keluarga, yaitu usia, gaya hidup tidak sehat, infeksi, dan paparan lingkungan yang dapat menyebabkan perubahan atau kerusakan genetik.

Kanker memiliki gejala berbeda tergantung pada jenis dan lokasi kanker, namun pada sebagian besar kasus terdapat benjolan atau penebalan pada area tubuh tertentu.

Pada sebagian kasus, kanker stadium awal bisa saja tidak bergejala. Sehingga, skrining rutin dan deteksi dini sangat penting dilakukan sesuai dengan pedoman kesehatan yang berlaku.

Seiring dengan perkembangan teknologi kesehatan, risiko kanker dapat diketahui melalui pemeriksaan berbasis genetik.

Pemeriksaan ini dapat membantu seseorang mengetahui risiko penyakit yang mungkin dialami akibat pola hidup yang tidak sehat.

Perlu diketahui, tidak memiliki riwayat anggota keluarga dengan penyakit kanker, bukan berarti kita terbebas dari risiko kanker.

Ermayanti, Branch Manager Prodia Palembang mengatakan, saat ini Prodia memiliki pemeriksaan CArisk yang merupakan pemeriksaan berbasis genetik yang dapat mengidentifikasi risiko terjadinya 13 jenis kanker.

Apa saja?

Kanker payudara

Kanker serviks

Kanker kolorektal

Kanker lambung

Kanker hati

Kanker paru-paru

Kanker pankreas

Kanker prostat

Kanker kantung kemih

Kanker ovarium

Kanker nasofaring

Kanker tiroid

Kanker getah bening.

“Pemeriksaan ini bukanlah merupakan diagnosis apakah seseorang menderita kanker atau tidak.

CArisk bertujuan untuk memberikan informasi terkait tingkat risiko kanker dari rendah ke tinggi dengan menilai apakah susunan keseluruhan gen dalam tubuh seseorang berkaitan dengan kerentanan terhadap kanker tertentu.

BACA JUGA  Waspada ISPA pada Anak-anak

Dengan diketahuinya informasi genetik masing-masing individu, maka penentuan strategi pencegahan dan pengobatan dapat dilakukan secara tepat dan spesifik.

Risiko kanker yang diidentifikasi oleh pemeriksaan CArisk dikelompokkan menjadi risiko tinggi (high risk), risiko potensial (potential risk), risiko menengah (average risk), dan risiko rendah (low risk),”katanya, Minggu (18/2/2024)

Untuk itulah, kata Ermayanti, sangat disarankan untuk dilakukan bagi individu yang sudah memasuki usia 18 tahun agar langkah pencegahan dapat dilakukan sedini mungkin.

Selain itu, pemeriksaan ini hanya cukup dilakukan sekali seumur hidup yang dapat membantu menekan biaya pengobatan apabila terjadi risiko.

Ditambahkan Erma lagi, dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Prodia memberikan layanan khusus untuk deteksi dini risiko dan pemantauan kanker untuk membantu mewujudkan penanganan kanker yang lebih baik.

Selama bulan Februari 2024, setiap pemeriksaan dan transaksi CArisk akan mendapatkan free pemeriksaan Nutrigenomics.

Selain itu, terdapat juga keringanan biaya 20 persen untuk pemeriksaan deteksi dini dan pemantauan kanker seperti Panel Risiko Kanker Kolorektal, Panel Risiko Kanker Lambung Usus, Panel Tumor Marker Kolorektal, Panel Tumor Marker Payudara, Panel Tumor Marker Paru, dan lainnya.

“Kita memberikan keringanan biaya 20 persen juga tersedia untuk layanan skrining kanker serviks pada wanita dengan melakukan pemeriksaan SSBC dan/atau HPV-DNA, atau vaksinasi HPV dengan konsultasi obgyn.

Keringanan biaya 20 persen juga berlaku untuk pemeriksaan PSA yang berguna sebagai upaya skrining dan deteksi dini kanker prostat pada pria,”tambahnya lagi.

Anda dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi U by Prodia atau datang langsung ke cabang Prodia terdekat.

Informasi lebih lanjut kunjungi www.prodia.co.id atau hubungi Kontak Prodia melalui layanan WhatsApp 0855 1500 830 atau call center 1500 830.

BACA JUGA  Rektor Unsri Resmikan Gedung Klinik Kesehatan Unsri Palembang

 

Reporter : Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button