PALEMBANGPARIWISATA

Cap Go Meh di Pulau Kemaro (1) : Ada Jembatan Ponton dan Kapal Gratis 

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro Palembang, tinggal menghitung hari.

Dijadwalkan digelar selama dua hari, 22-23 Februari 2024.

Berbagai persiapan sudah mulai disiapkan oleh panitia dan pengurus Pulau Kemaro, seperti membersihkan area lokasi hingga pemasangan lampion.

Foto : Detik.com

Panitia Cap Go Meh di Pulau Kemaro, Tjik Harun mengatakan, pihaknya saat ini sudah mulai melakukan pembersihan dan mempercantik lokasi tersebut. Bahkan sudah mulai memasang lampion di semua penjuru Pulau Kemaro.

“Nantinya Cap Go Meh ini berlangsung 2 hari yakni 22-23 Februari atau tepat hari ke 13 perayaan Imlek.

Kami sudah bersiap, termasuk memasang 1.000 lampion di semua penjuru pulau,” katanya, Kamis (15/2/2024).

Puncak perayaan Cap Go Meh sendiri, kata Harun, akan dilaksanakan pada 22 Februari 2024 malam.

“Puncaknya pada Kamis (22/2/2024) tengah malam, di sini umat (Tridharma) akan beribadah, dan dilanjutkan acara potong kambing pukul 00.00 WIB,” katanya.

Foto : KetikPos.com

Suguhan Menarik

Harun menjelaskan, meski umat Tridharma beribadah di lokasi tersebut namun wisatawan bisa menikmati suasana Cap Go Meh secara gratis di Pulau Kemaro itu.

Karenanya, panitia sudah mempersiapkan berbagai suguhan menarik untuk wisatawan yang datang.

Mulai dari aksesoris Cap Go Meh yang terpasang, UMKM serta akses yang memudahkan wisatawan untuk datang ke Pulau Kemaro.

Pada Senin (19/2/2024), panitia juga akan mulai mendirikan jembatan (ponton) yang terbuat dari 5-6 kapal tongkang yang disusun berjejer.

Ponton tersebut berfungsi sebagai penghubung antara daratan ke delta Pulau Kemaro. Sehingga wisatawan yang mau datang ke Pulau Kemaro bisa memarkirkan kendaraannya di pabrik ban di Kalidoni dan cukup berjalan kaki melewati ponton ke Pulau Kemaro.

BACA JUGA  Positif Covid-19 Didominasi Orang Tanpa Gejala. Kasus Terus Meningkat

“Pasang pontonnya itu Senin (19/2/2024) nanti, kalau ponton yang dipakai untuk menyeberang itu antara 5 sampai 6 tongkang, nanti ada sirip kiri dan kanannya untuk mengapit, menguatkan jembatan sebagai antisipasi air surut,” ujarnya.

Diharapkan sudah dapat dilalui pada sore harinya.

Foto : Pagaralampos com

Puluhan Ribu Wisatawan 

Dalam perayaan tersebut, kata Tjik Harun, pihaknya menargetkan akan ada puluhan ribu wisatawan yang datang.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, euforia serta animo wisatawan cukup besar. Bukan hanya wisatawan domestik juga ada wisatawan mancanegara yang datang.

“Kami terus berkoordinasi dengan semua pihak, baik Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang, TNI dan Polri agar perayaan Cap Go Meh ini berjalan lancar,” kata dia.

Sepanjang perayaan Cap Go Meh wisatawan akan dihibur dengan pertunjukan barongsai dan kesenian tradisional Tionghoa lainnya.

Namun untuk wayang orang, kata Harun, ditiadakan tahun ini.

“Iya khusus wayang orang, wayang China, tidak ada tahun ini. Namun kami masih menyediakan pertunjukan menarik lainnya di lokasi nantinya,” jelasnya.

Foto : IST

Kapal Gratis

Panitia perayaan Cap Go Meh 2024 di Pulau Kemaro bakal menyiapkan kapal khusus gratis untuk wisatawan dan masyarakat berkunjung pada 22 sampai 23 Februari.

“Panitia tidak hanya menyediakan jembatan penyeberangan yang dibuat dari ponton yang disusun, tetapi juga sedang menyiapkan kapal khusus secara gratis bagi wisatawan atau masyarakat yang ingin pergi ke Pulau Kemaro,” ungkapnya.

Tjik Harun menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin menggunakan kapal gratis ke Pulau Kemaro pada Cap Go Meh, dimulai berlayar dari rute Dermaga Kelenteng Serikat Pasar 16 Ilir Palembang.

“Jadwal kapal gratis tersebut untuk tanggal 22 Februari 2024 mulai pukul 17.00 WIB. Untuk tanggal 23 Februari dimulai pukul 16.00 WIB,” jelasnya.

BACA JUGA  Gebyar Lazizmu Palembang Bangkitkan Minat Masyarakat Bersedekah Lewat Sampah 

Dikatakan Tjik Harun, Jumlah kapal yang tersedia untuk masyarakat masih dalam proses pencatatan.

“Hal ini tergantung pada sumbangan dari para donatur. Kapal akan disewakan, namun masyarakat yang naik kapal tersebut akan mendapatkan layanan gratis,” katanya.

 

(Dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button