EKONOMIOKU SELATAN

Panen Raya Tak Sebanding Harga, Petani Duku di Kabupaten OKUS Meranah

MAKLUMATNEWS.com,OKUS – Diduga akibat panen raya hampir di seluruh Sumatera Bagian Selatan(Sumbagsel) membuat harga buah duku di Kabupaten OKU Selatan (OKUS) terjun bebas. Hal tersebut membuat para petani buah duku di Kabupaten OKUS lesu dan tidak semangat, sebelum panen raya harga buah duku masih berada di kisaran 4000 rupiah hingga mencapai 4.500 rupiah per kilogramnya, saat ini harga buah duku hanya 1.500 rupiah perkilogramnya.

“Saat ini harga buah duku sangat murah sekali, padahal musim buah duku sangat di harapkan oleh petani dengan harga jual yang lumayan tinggi untuk menopang kebutuhan ekonomi keluarga apa lagi saat ini di bulan puasa,”kata Ian salah satu petani duku yang berada di Kecamatan Buay Rawan Kabupaten OKUS, Selasa(19/3/24).

Senada, Faisal salah satu petani duku yang berada di Kecamatan Buay Sandang Aji menuturkan harga buah duku saat ini terjun bebas berada di harga 1.500 perkilogramnya, padahal jarang sekali buah duku yang ada di sini berbuah lebat dan serentak seperti saat ini, namun di saat buah duku melimpah ruah harga malah turun drastis. Rezeki musiman yang di harapkan para petani buah duku saat ini hancur total.

“Saat ini harga buah duku benar-benar murah, dengan harga 1.500 belum lagi di potong upah petik buah duku 500 rupiah perkilogramnya, belum lagi upah angkut yang ditentukan berapa jauh jarak tempuh dari perkebunan duku ke tempat penjualan membuat petani duku lesu dan tak bersemangat, “ujarnya.

Kacau nian saat ini, katanya melanjutkan, saat ini buah duku kita biarkan saja dulu di batangnya belum di petik karna penghasilan dari buah duku saat ini tidak sesuai lagi dengan pengeluarannya, sambil menunggu mungkin ada kenaikan harga buah duku.

BACA JUGA  Minyak Goreng Sulit Didapat, Pelaku UMKM di OKUS terancam Tutup Usahanya 

Menurut Ian dan Faisal, turunnya harga duku saat ini akibat panen raya buah duku yang bersamaan di sejumlah daerah yang ada di Provinsi Sumsel maupun di luar Sumsel.

Sementara itu, salah satu Agen buah duku yang berada di Kecamatan Buay Sandang Aji Timbang Ibunya Adit menuturkan harga buah duku memang saat ini hanya 1.500 rupiah perkilogramnya, namun demikian ia juga berharap agar harga jual buah duku kembali normal sehingga petani duku bisa jaya dan tersenyum, dan tentunya kami sebagai agen juga senang bisa membantu petani duku menjadi makmur pada musim panen raya kali ini.

Reporter : Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button