EKONOMIPALEMBANG

26-28 Maret, BI Sumsel Susur Sungai Musi Buka Layanan Tukar Uang Baru

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Selama 3 hari, 26-28 Maret 2024, Bank Indonesia (BI) Sumsel melakukan penyusuran Sungai Musi.

Selain ada program penukaran uang, tujuan dari penyusuran ini, BI akan melakukan donasi dan edukasi.

Ada tiga lokasi susur sungai yang dilakukan pada Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H yakni Jalur 20, Sungai Baung dan Muara Padang.

Kegiatan susur sungai dilakukan dari 26-28 Maret 2024, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

 

Cinta Rupiah

Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan, Ricky Perdana Gozali mengatakan layanan penukaran uang baru tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah.

Sebab, kata dia, di momen Lebaran, berbagi uang baru sudah menjadi salah satu tradisi.

“BI melakukan kegiatan susur sungai untuk membantu masyarakat yang tinggal di pinggiran Sungai Musi agar mudah melakukan penukaran uang pecahan cash untuk Lebaran,” ujar Ricky, Selasa (26/3/2024).

Ricky menjelaskan program susur sungai untuk penukaran uang baru diterapkan BI Sumsel hampir setiap tahun. Program itu juga untuk mengedukasi warga setempat agar cinta dan bangga terhadap Rupiah.

“Susur sungai dilakukan di sepanjang Sungai Musi. Selain ada program penukaran uang, BI juga akan melakukan donasi dan edukasi. Layanan penukaran uang diperbanyak di daerah low access to cash,” tambahnya.

 

Titik Penukaran Uang

Menurut Ricky, BI Sumsel menyiapkan 145 titik penukaran uang yang dimulai 15 Maret hingga 5 April 2024.

Lokasinya ada di stasiun kereta api, bandara, stasiun LRT, Tol Terpeka, PIM, hingga halaman DPRD Kota Palembang.

“Tahun ini kesediaan uang kita meningkat 12 persen dari 2023. Sebelumnya Rp 4,7 triliun dan sekarang naik menjadi Rp 5,3 triliun,” ujarnya.

BACA JUGA  Pj Walikota Palembang Terus Pantau Harga Kebutuhan Pokok 

Layanan penukaran uang BI ini bekerja sama dengan sejumlah perbankan Himpunan Milik Negara (Himbara) dan perbankan daerah seperti Bank Sumsel Babel.

Penukaran uang, kata Ricky, dibatasi maksimal Rp 4 juta untuk nominal besar dan kecil.

“Hal ini dilakukan agar semua kebutuhan uang pecahan untuk Lebaran tercukupi, terutama untuk memenuhi pecahan yang diinginkan masyarakat,” tuturnya.

Selain bisa menukar uang baru di lokasi Kas Keliling yang disediakan Bank Indonesia, pendaftaran penukaran uang juga dapat dilakukan secara online lewat aplikasi PINTAR. (DetikSumbagsel)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button