LIFESTYLE

Kisah Masa Kecil Presiden Putin, Hidup dalam Kemiskinan hingga Kelaparan

MAKLUMATNEWS.com — Belakangan, Vladimir Putin menjadi trending dunia akibat kebijakan invasi Rusia ke Ukraina. Meski dikecam banyak negara, Putin tetap nekat berperang melawan Ukraina. Namun sebelumnya sosok Putin sudah dikenal luas di kancah politik internasional.

Bahkan majalah bisnis keamanan Amerika Serikat memampang wajah Putin dan menyebutnya sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Sebelum sukses menduduki kursi presiden, ternyata Vladimir Putin memiliki cerita masa kecil yang tak diketahui banyak orang. Simak kisah salah satu pemimpin terkuat di dunia berikut ini.

Lahir di tengah perang

Vladimir Vladimirovich Putin lahir pada 7 Oktober 1952 di kota bekas jajahan Nazi, Leningrad, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia. Saat ini kota itu dikenal sebagai SaintPetersburg. Kala itu, sedang terjadi Perang Dingin antara Amerika Serikat dan negara komunis.

Berasal dari orang tua yang bersahaja

Siapa sangka Putin yang terkenal sebagai diktator lahir dari seorang ibu yang baik hati dan tidak sombong. Ibunya bernama Maria Ivanovna Putina. Ia bekerja sebagai buruh pabrik. Sedangkan sang ayah, Vladimir Spiridonovich Putin menjadi relawan armada kapal selam dan mengabdi pada Rusia di Perang Dunia II. Setelah itu, ayahnya bekerja menjadi satpam dan sempat menjadi mandor di bengkel.

Hidup di keluarga sederhana

memiliki dua saudara yakni Albert dan Viktor. Sayangnya Albert meninggal saat masih bayi. Putin mengaku hidup sederhana bersama orang tua dan kedua kakaknya. Sang ibu sering memasakkan makanan warga Rusia pada umumnya seperti pancake, irisan daging, dan kubis. Namun pada hari libur, ibunya akan menyajikan hidangan khas Rusia pirozhki (roti isi daging dan kubis), kue tart vatrushki, dan nasi.

BACA JUGA  Tips Aman dan Nyaman Bersepeda bagi Wanita

Putin adalah penggemar olahraga. Bahkan ia memegang sabuk hitam pada olahraga judo. Namun hobinya tersebut sempat tak direstui oleh sang ibu. Setiap Putin pergi berlatih, ibunya akan mengeluh. Tapi sang ibu setuju ketika tahu prestasi Putin di olahraga judo.

Rasakan jatuh miskin hingga kelaparan

Hidup di masa Perang Dingin membuat keluarga Putin yang sederhana jatuh miskin. Ia dan saudara-saudaranya hidup dalam kelaparan. Bahkan Viktor

Setelah sang ayah pulang, Putin dan keluarganya terpaksa tinggal di rumah susun yang sempit dan kumuh di Baskov Lane, Saint Petersburgh. Putin kecil pun sudah terbiasa memegang tongkat dan mengejar tikus-tikus yang bersarang di rumahnya.

Menjalani kehidupan yang keras saat kecil membuat Putin menjadi sosok yang karismatik dan tangguh seperti sekarang. Meski kerap mendapat kritik internasional, faktanya Putin sukses menyelesaikan masalah-masalah penting di negaranya. Ia berhasil membebaskan Rusia dari krisis ekonomi hingga serius memberantas ISIS.(*)

Sumber : boombastis.com

Editor    : Aspani Yasland

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button