OKU SELATAN

Ratusan Ibu-ibu di Kecamatan Buay Sandang Aji OKUS,  Rela Antri Terima BLT

MAKLUMATNEWS.com, OKUS—Senyum Sumringah tampak jelas terpancar di wajah para warga Kecamatan Buay Sandang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), Kamis (1/12/2022).

Pantauan media ini ratusan penerima bantuan tersebut didominasi oleh kaum emak-emak, dengan dandanan yang menawan saat antri dengan tertib menunggu pengambilan dana bantuan langsung tunai (BLT) BBM dan PKH di Gedung Serbaguna Kecamatan Buay Sandang Aji.

Cikayu salah satu penerima bantuan tersebut kepada Maklumatnews.com mengatakan,  ia rela mengantri demi mendapatkan bantuan karena merasa senang bakal menerima BLT ratusan ribu rupiah tersebut.

” Alhamdulillah, Saya sangat terbantu sekali dengan adanya bantuan dari pemerintah ini. Selain akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti beras, uang bantuan tersebut akan di gunakan untuk keperluan sekolah anak dan sisanya akan di simpan siapa tau ada keperluan yang mendesak,” ujarnya.

Ia juga berterima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan, menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat dan berguna dalam menunjang kebutuhan pokok yang memang sangat di butuhkan oleh masyarakat.

Untuk diketahui, sebelumnya pemerintah akan memasukan anggaran bansos masuk ke dalam perlindungan sosial (perlinsos) 2022.

Tercatat, hingga Oktober 2022, realisasi anggaran perlinsos mencapai Rp333,8 triliun, yang terdiri dari bansos rutin dari Kementerian Sosial (Kemensos) hingga BLT penyesuaian harga BBM yang dijadwalkan akan cair di bulan Desember 2022 ini.

Melansir harianokus.com, Kementrian Sosial (Kemensos) per September 2022 ini sudah mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diberbagai daerah. Termasuk di kabupaten OKU Selatan.

Setidaknya terdapat 31.194 warga OKU Selatan yang tercatat sebagai penerima bantuan tersebut.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) OKU Selatan, Zulfakar Dhani, S. Sos melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Fakir Miskin, Arifin Hadi, ST belum lama ini mengatakan, untuk BLT BBM ini sendiri sudah mulai dicairkan sejak September 2022 secara bertahap di masing-masing Kecamatan. 
” Dari data yang ada, sementara ini susah ada 5 Kecamatan yang sudah disalurkan, seperti Kecamatan Muaradua, Kecamatan Simpang, Kecamatan Muaradua Kisam, Kecamatan Buat Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) dan Kecamatan Pulau Beringin. Sementara kecamatan lainnya akan menyusul, ” katanya. 
“Untuk pencairan BLT BBM ini dilakukan kordinasi antar Kantor Pos dan Kepala Desa, lalu Kepala Desa menyampaikan kepada warganya,” ucapnya.
Mengenai data penerima bantuan itu sendiri, lanjutnya, Data penerima ditentukan oleh Kemensos langsung berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA JUGA  Popo Ali : Mari Satukan Mindset Untuk Memajukan OKU Selatan
Reporter : Iskandar
Editor : Jemmy Saputera

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button