PALEMBANG

Kecamatan Sukarami Puncaki Jumlah Kasus DBD Tertinggi

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Meski kini pemerintah, tim kesehatan dan masyarakat tengah fokus pada Covid-19, namun Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) pun tidak boleh dilupakan.

Sebab, DBD juga merupakan penyakit yang perlu penanganan cepat dan pencegahan yang tepat. Sebab, Dinas Kesehatan Kota Palembang mencatat daerah-daerah di Palembang ini kasusnya cukup tinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Fenty Aprina mengatakan, dibandingkan tahun lalu di bulan yang sama, Januari 2022 kasusnya lebih tinggi dibandingkan Januari 2021. Tahun lalu ada 11 kasus dan tahun ini terdeteksi ada 73 kasus DBD.

“Memang sebaiknya secepatnya jika ada anggota keluarga sakit demam itu diberi obat dan dibawa ke dokter untuk diperiksa,” katanya, Senin (14/2/2022).

Imbauan untuk menjaga lingkungan rumah agar bersih terutama dengan menjaga kebersihan tempat penampungan air, bak mandi, itu sudah sering diinformasikan dan masyarakat pasti sudah tau.

“Nyamuk ini senang ada di air bersih, jadi tutup dan jaga kebersihannya,kalau tidak jadi sarang nyamuk DBD,” katanya.

Saat ini kawasan yang masih menjadi tempat langganan kasus DBD lebih banyak itu kawasan padat penduduk. Seperti Sako, Sukarame dan kawasan padat penduduk lainnya.

“Awal Februari ini kasus tertinggi ada di Kecamatan Sukarame 14 kasus, Sako 6 kasus, Ilir Barat 1 6 kasus,” katanya.

Namun jika dibandingkan pertahun 2021 dari tahun sebelumnya 2020, angka kasus DBD ini menurun. Dia berharap penurunan angka kasus karena kesadaran masyarakat tentang kebiasaan melakukan pemberantasan sarang nyamuk sudah baik, atau ada faktor lain.

Sebab, gejala Covid-19 dan DBD memiliki gejala yang sama yakni demam. Hal ini dicurigai jadi penyebab warga ragu periksa kesehatannya karena takut dinyatakan Covid-19 padahal DBD

BACA JUGA  Target 1 Juta Titik Biopori di Palembang Tidak Tercapai

“Karena gejala DBD hampir mirip dengan gejala Covid-19. Terutama ada demamnya,” katanya.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button