PENDIDIKAN

Era Society 5.0, PGRI Palembang Siapkan Ruang Kuliah Audio  

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Transformasi Pendidikan Indonesia pada era revolusi industri 4.0 dan menuju era society 5.0 di Perguruan Tinggi saat ini sudah mulai dirasakan di Indonesia.

Kemenristekdikti pun terus menyosialisasi dan meminta kepada perguruan tinggi yang ada di Indonesia untuk bersiap melakukan transformasi tersebut.

Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto S.Pd M.M meminta kepada perguruan tinggi yakni Universitas PGRI Palembang dan Universitas PGRI Silampari agar mampu bertransformasi menjawab tantangan yang ada saat ini.

“Dengan berbagai tantangan yang mengiring ke digitalisasi saat ini, tentunya tantangan ini dapat menjadi peluang bagi para perguruan tinggi untuk bisa lebih baik lagi,” katanya usai kuliah umum transformasi pendidikan 5.0, Kamis (10/3/2022).

Sebagai respon menuju era society 5.0 ini haruslah dilakukan penguatan dari sisi SDM, kelembagaan dan lain sebagainya agar perguruan tinggi mampu bertahan di tengah era yang semakin maju ini.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr  H. Bukman Lian M.M., M.Si., CIQaR, mengatakan menuju era society 5.0 U-PGRI Palembang sudah melakukan transformasi ini sejak 4 tahun belakangan.

“Kita bisa lihat sendiri bagaimana. Dan ini kita hadirkan kuliah umum dengan tema yang selaras guna menyelaraskan juga apa yang diinginkan oleh Kemenristekdikti,” katanya.

Dari hasil kuliah umum ini, pihaknya akan menyusun strategi 5 tahun kedepan. “Rencana tahun 2025-2026 Universitas PGRI sudah mengudara full artinya regulasi diperbolehkan daring penuh,” katanya.

Dan mulai tahun ini, pihaknya mulai menyiapkan ruang kuliah audio dengan pembelajaran hybrid. “Jadi nanti tak ada lagi ruangan yang seperti selama ini. Kita akan buat ruangan kuliah audio seperti kalau masuk diruang siaran atau studio TV,” katanya.

BACA JUGA  Gubernur Sumsel Herman Deru Puji Stisipol Candradimuka Tetap Survive Karena Kepercayaan Masyarakat

Sehingga dosen pun yang mengajar tak seperti dulu lagi. Mahasiswa ada sebagian di kampus dan ada secara online. “Benar-benar hybrid dan saat ini sedang kita bangun,” katanya.

Setiap fakultas nantinya minimal memiliki dua ruangan kuliah audio ini. “Saat ini yang tengah kita persiapkan yakni dari pascasarjana dulu nantinya akan menyusul kepada yang lainnya,” katanya.

Dalam kuliah umum yang disampaikan langsung oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan, Riset dan Teknologi, Prof.Ir. Nizam, M.Sc,DIC.,Ph.D dihadiri secara online dan juga ketua umum pengurus besar PGRI, Prof.DR. Unifah Rosyidi, M.Pd  dan Ketua PGRI Sumsel, H Ahmad Zulinto S.Pd M.M.

Reporter : Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button