SEHAT

Sering Mengantuk Sehabis Makan ? Ini Penyebabnya!

MAKLUMATNEWS.com – Mungkin hampir setiap orang, sehabis makan merasa ngantuk. Meski umumnya tidak berbahaya, hal ini mungkin mengganggu aktivitas dan menurunkan konsentrasi Anda. Oleh karena itu, kamu patutmengetahui penyebab ngantuk setelah makan agar tidak menimbulkan pertanyaan dalam benakmu lagi tentang fenomena ini.

Rasa kantuk yang muncul sehabis makan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain konsumsi makanan atau minuman tertentu dan gaya hidup atau kebiasaan yang sering dilakukan. Untuk mencegah kondisi yang mengganggu keseharian ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu.

Mengutip dari alodokter.com, ada berbagai macam faktor yang dapat diketahui dapat memicu rasa kantuk setelah makan, antara lain:

1. Pengaruh hormon selama proses pencernaan
Seluruh makanan dan minuman yang kamu konsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus. Saat proses berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan hormon kedua tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah kamu makan.

2. Perubahan aliran darah dalam otak
Perubahan aliran darah pada otak yang setelah makan juga kerap disebut sebagai penyebab munculnya fenomena habis makan ngantuk.

Setelah makan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mencerna dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi.
Ketika hal tersebut terjadi, aliran darah pada otak akan berkurang dan menyebabkan kamu sering menguapkan dan guna memenuhi kebutuhan oksigen di otak. Hal ini normal terjadi dan biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. Meski demikian, teori ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Kurang tidur
Ketika kurang tidur, tubuh akan terasa lelah dan rasa lapar mudah muncul. Hal ini bisa membuat kamu lebih banyak makan atau ngemil, sehingga rasa kantuk yang dirasakan akan semakin terasa.
Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mencukupi waktu tidur setiap malamnya setidaknya 7–9 jam, kurangi atau hentikan kebiasaan begadang, olahraga secara rutin, dan hindari stres.

4. Kurang berolahraga
Olahraga sangat berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan tubuh, serta efisiensi kerja sistem kardiovaskular. Jika kamu jarang berolahraga, tubuh akan mudah merasa lelah. Hal ini juga yang menjadi salah satu pemicu munculnya rasa kantuk setelah makan.
Agar lebih bugar, kamu bisa mencoba lebih banyak meluangkan waktu untuk berolahraga, misalnya berjalan di sekitar halaman rumah, naik-turun tangga, atau yoga. Apa pun pilihan olahraganya, lakukan secara rutin dan teratur minimal 15 menit setiap harinya.

5. Gangguan kesehatan
Kondisi atau gangguan kesehatan tertentu dapat membuat kamu mudah lelah, termasuk lebih mudah mengantuk setelah beraktivitas dan setelah makan atau bahkan mengantuk sepanjang hari.
Beberapa gangguan kesehatan tertentu yang dapat menyebabkan rasa kantuk setelah makan, di antaranya diabetes, anemia, hipotiroidisme, intoleransi makanan, dan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea).

Kebiasaan melewatkan sarapan, kekurangan asupan zat besi, kurang minum air putih, dan sering mengonsumsi makanan cepat saji menjadi beberapa faktor yang menyebabkan kamu sering mengantuk sehabis makan.

Pada umumnya, sehabis makan merupakan hal yang normal terjadi. Jika kamu sering mengalaminya, kamu mungkin bisa mengubah pola makan dan menjalani gaya hidup lebih sehat.
Namun, jika keluhan habis makan Namun masih muncul meski kamu sudah mengubah pola makan atau sering berolahraga, jika menghadapi kesulitan yang dirasakan sangat sulit hingga kamu beraktivitas, mencoba untuk membuat dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button