LIFESTYLE

6 Penyebab Uban Bisa Muncul Di Usia Muda

MAKLUMATNEWS.com – Uban menjadi salah satu sebab insecure seseorang dalam penampilannya. Tidak sedikit juga anak muda mengeluh rambutnya tumbuh uban.

Uban disebabkan karena folikel rambut kehilangan pigmen yang mengubah warna rambut hitam menjadi putih. Kehilangan pigmen pada folikel rambut umumnya terjadi pada usia 30 tahun ke atas, namun bisa juga terjadi pada usia 20 tahun yang disebabkan oleh faktor tertentu. Umumnya, orang Asia akan mengalami pertumbuhan uban pada akhir usia 30-an. Memutihnya rambut pada usia sebelum itu dapat dianggap terlalu dini.

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu uban pada rambut :

1. Tingkat Stres
Setiap orang pasti menghadapi stres dari waktu ke waktu. Melansir dari laman Healthline, folikel rambut mengalami penipisan yang dikarenakan oleh stres sehingga warna rambut berubah menjadi putih lebih cepat.
Tingkat stres bisa karena masalah tidur, gangguan kecemasan, perubahan nafsu makan, dan tekanan darah. Terlalu banyak stres juga dapat meningkatkan perkembangan beberapa penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Karena itu kamu perlu mengendalikan stressmu dengan baik ya.

2. Kebiasaan Merokok
Rokok selain memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh, namun juga pada kesehatan rambut. Ternyata, merokok dapat mempersempit aliran darah ke folikel rambut yang menyebabkan rambut menjadi mudah rontok dan memutih.

3. Sinar UV Matahari
Penyebab uban yang muncul di usia muda bisa disebabkan karena sering terkena sinar matahari. Selain memiliki dampak buruk untuk kulit, namun juga berdampak pada kesehatan rambut kita. Berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan beruban.
Jika diharuskan beraktivitas di bawah sinar matahari, kamu harus menggunakan pelindung kepala, seperti topi, payung, ataupun syal untuk melindungi rambutmu.

BACA JUGA  Aktivitas yang Bisa Mengurangi Sakit Pinggang Saat Hamil

4. Pemakaian Produk Rambut yang Kurang Tepat
Melansir dari laman Medical News Today, penggunaan produk rambut seperti pewarna rambut kimia atau sampo dapat menyebabkan rambut berubah menjadi putih. Hal ini bisa jadi disebabkan karena produk tersebut mengandung bahan berbahaya yang mengurangi melanin.
Perlu diketahui jika ingin melakukan haircare, memilih produk perawatan rambut yang tidak banyak mengandung bahan kimia yang dapat merusak rambut.

5. Kondisi kesehatan
Menderita penyakit tertentu juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban. Salah satu kondisi yang bisa membuat rambut memutih adalah vitiligo yang merupakan suatu kondisi autoimun yang menyebabkan beberapa bagian rambut dan kulit mengalami kehilangan pigmen warna.
Selain itu, gangguan pada kelenjar pituitari atau kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya uban.

Mengutip dari alodokter.com, Kekurangan nutrisi juga dapat menjadi penyebab rambut menjadi lebih halus, tipis, dan rapuh serta berubah warna karena penurunan produksi melanin. Contohnya adalah kekurangan vitamin B12 atau anemia pernisiosa. Sindrom Werner juga bisa menyebabkan munculnya uban di usia muda.

6. Pengobatan
Mengutip dari alodokter.com. Pasien yang menjalani kemoterapi atau pengobatan malaria bisa mengalami rambut beruban. Kandungan obat yang digunakan dalam kemoterapi dan malaria dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga rambut memutih.

Jika kamu merasa tidak nyaman dengan uban yang tumbuh, kamu bisa menutupinya dengan cat rambut. Tapi perhatikan produk pewarna rambut yang tepat dan aman serta hindari terlalu sering mewarnai rambut.

Jika dirasa pertumbuhan uban yang kamu alami tidak normal, konsultasikan ke dokter ya! Salam sehat!

Sumber : Beautynesia.id dan Alodokter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button