WANITA

Efek Gangguan Tiroid Pada Wanita, Salah Satunya Sebabkan Kista

MAKLUMATNEWS.com – Tiroid adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu di pangkal leher yang berguna untuk mengatur metabolisme tubuh. Gangguan tiroid pada wanita memiliki efek yang dapat memengaruhi kesehatan reproduksi, mulai dari haid sampai menopause. Dilansir dari Women’s Health, jenis penyakit tiroid yang kerap menyerang pada wanita di antaranya hipotiroid, hipertiroid, radang tiroid, gondok, nodul tiroid, dan kanker tiroid.

Gangguan tiroid seperti kelenjar yang terlalu aktif (hipertiroid) atau kurang aktif (hipotiroid) dapat menyebabkan hormon yang kamu punya tidak seimbang. Berikut beberapa efek yang kamu rasakan saat tiroid kamu terganggu.

Pubertas dini atau terlambat

Hormon tidak seimbang karena gangguan tiroid bisa menyebabkan pubertas tidak normal. Remaja putri bisa mengalami pubertas dini (lebih awal daripada sebayanya) atau terlambat.

Haid kamu jadi tidak normal

Pada wanita usia produktif, gangguan tiroid juga bisa menyebabkan haid tidak normal. Seperti haid yang sangat sedikit, haid sangat banyak, siklus haid tidak teratur, atau tidak haid padahal belum menopause.

Kesuburan Terganggu

Gangguan tiroid pada wanita juga bisa memengaruhi kesuburan. Kelenjar tiroid yang kurang aktif dapat menghambat proses ovulasi atau pelepasan sel telur dari indung telur.

Meningkatkan resiko kista

Penyakit hipotiroid atau kelenjar tiroid yang kurang aktif ternyata dapat meningkatkan risiko kista pada wanita, terutama di organ reproduksi seperti rahim, leher rahim (serviks), atau indung telur (ovarium).

Mual yang parah selama kehamilan

Wanita yang memiliki hipertiroid lebih rentan mengalami mual atau morning sickness yang parah selama kehamilan.

Komplikasi kehamilan

Penyakit hipotiroid bisa menyebabkan kehamilan berisiko tinggi. Kekurangan hormon tiroid meningkatkan risiko keguguran, bayi lahir prematur, bayi lahir meninggal dunia, dan pendarahan setelah melahirkan.

BACA JUGA  Kalaupun Menempuh Jalan yang Melelahkan, Aku Berharap Ridho Mu ya Allaah

Peradangan tiroid setelah persalinan

Gangguan tiroid selama kehamilan menyebakan wanita rentan terkena peradangan tiroid atau tiroiditis pasca-persalinan.

Menopause dini

Efek gangguan tiroid pada wanita juga bisa memicu menopause dini atau mati haid sebelum usia 40 tahun, terutama jika wanita memiliki kelenjar tiroid terlalu aktif (hipertiroid).

 

Segera cek kondisi kesehatanmu saat mengalami beberapa efek di atas. Biar dokter ahli yang membantu kamu untuk tetap sehat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button