MUSI RAWAS

32 Anggota Saka Pramuka MURA Ikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Nasional

MAKLUMATNEWS.com, MUSI RAWAS-Sebanyak 32 anggota Saka Pramuka Kabupaten Musi Rawas (Mura) dengan rincian 16 putra dan putri mengikuti lomba Perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Nasional IV di Palembang.

Kontingen pramuka Mura dilepas Wakil Bupati Mura (Wabup) Hj Suwarti di halaman Pemkab Mura, Kamis (10/11/2022).

Ketua Majelis Pembimbing Saka Bhayangkara Polres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono, S.ik diwakili Kabag SDM Polres Mura, Kompol Harisson Manik mengatakan kontingen yang berangkat ini sudah dibekali dengan ilmu-ilmu pencinta lingkungan.

Nah ilmu-ilmu yang didapat tersebut diimplementasikan di Palembang. Sebab di sana nanti anggota bertemu dengan Pramuka se-Indonesia, beraneka ragam suku dan agama.

Jadi di situ kesempatan bagi anggota untuk melihat bagaimana sifat-sifat bagaimana cara sosial daripada teman-teman kita dari daerah-daerah lain. Tapi yang penting anggota tetap ikuti aturan-aturan ataupun arahan-arahan daripada yang senior.

” Jangan membuat malu Kabupaten Mura, harus tanggap terhadap teman-teman baik teman-teman sekelompok ataupun orang yang ada di perkemahan. Nanti harus tangkap saling tolong-menolong,”harapnya.

Dia juga berpesan kepada kontingan jangan melakukan pelanggaran. Dan juga jaga kesehatan, baik pola makan dan juga pola istirahat.

Sementara itu Wabup Mura sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Mura, Hj Suwarti, mengatakan menyambut gembira dan bangga dan mendukung sepenuhnya dan sepenuh hati dengan kontingen satuan karya Pramuka Bhayangkara Mura yang akan mengikuti perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Nasional IV di bumi perkemahan Gandus Palembang, 13-18 November 2022.

Dia menambahkan perkemahan bakti satuan karya Pramuka Bhayangkara tingkat nasional atau lebih dikenal dengan satuan pertikara nasional adalah wadah pertemuan Pramuka penegak dan Pramuka pandega saka Bhayangkara yang dilaksanakan 5 tahun sekali. Dengan kegiatan pokok adalah kegiatan bakti dan pengabdian masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini sebenarnya adalah sebagai wadah pendidikan bagi anggota pramuka satuan Karya atau saka Bhayangkara untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan semangat persatuan dan persaudaraan agar terciptanya kader-kader Bhayangkara yang patriot dan cinta tanah air, mampu menjadi pelopor kamtibmas di wilayah kita masing-masing. Selain itu untuk menciptakan kader Pramuka yang unggul dengan kecerdasan, cerdas spiritual dan cerdas emosional.

BACA JUGA  Bupati Mura Ucap Syukur, Silampari Cycling 2022 Sukses dan Meriah

Artinya cerdas spiritual cerdas emosional dan cerdas sosial cerdas intelektual dan cerdas fisik.

Tema yang diusung dari pertukaran nasional kali ini adalah Pramuka Smart Pramuka hebat kata smart ini adalah merupakan singkatan dari solidaritas.

Masih katanya pengalaman yang didapat dari kegiatan tersebut di jadikan itu bekal dalam membina jiwa kepemimpinan, tingkatkan kemampuan untuk modal bagi pengembangan diri bagi kemajuan gerakan Pramuka di Kabupaten Mura maupun di masyarakat luas.

” Saya berpesan ikutilah seluruh rangkaian acara dengan disiplin agar mendapatkan banyak pengetahuan baru agar menambah pemahaman dan menambah wawasan,”pungkasnya.

Sedangkan Wakil Ketua Bidang Bina Muda dan Penanggung Jawab Kegiatan Sudiono didampingi Sekretaris Kwartir Cabang Pramuka Mura Widyastuti, mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti 32 anggota. Dan harapannya anggota bisa memupuk silaturahmi dengan anggota lainnya. (Wan Asri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button