NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 80  Debat Nabi Ibrahim as dengan Kaumnya

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 80 berbunyi :

{ وَحَاۤجَّهُۥ قَوۡمُهُۥۚ قَالَ أَتُحَـٰۤجُّوۤنِّی فِی ٱللَّهِ وَقَدۡ هَدَىٰنِۚ وَلَاۤ أَخَافُ مَا تُشۡرِكُونَ بِهِۦۤ إِلَّاۤ أَن یَشَاۤءَ رَبِّی شَیۡـࣰٔاۚ وَسِعَ رَبِّی كُلَّ شَیۡءٍ عِلۡمًاۚ أَفَلَا تَتَذَكَّرُونَ }

Artinya :

Dan kaumnya membantahnya. Dia (Ibrahim) berkata, “Apakah kamu hendak membantahku tentang Allah, padahal Dia benar-benar telah memberi petunjuk kepadaku? Aku tidak takut kepada (malapetaka dari) apa yang kamu persekutukan dengan Allah, kecuali Tuhanku menghendaki sesuatu. Ilmu Tuhanku meliputi segala sesuatu. Tidakkah kamu dapat mengambil pelajaran?

Pada ayat ini Allah menceritakan terjadinya perselisihan antara Nabi Ibrahim dan kaumnya.

Lalu kaumnya yang musyrik terhadap Allah mendebat Nabi Ibrahim alaihissalam tentang berhala-berhala yang mereka sembah, maka Nabi Ibrahim berkata kepada mereka, adakah kalian akan mendebat aku tentang Allah dan ibadah kepada-Nya? Sungguh Tuhanku telah memberikan hidayah kepadaku untuk mengkhususkan-Nya dalam beribadah dan tidak menyekutukan-Nya.

Dan sedikitpun aku tidak merasa khawatir tentang berhala-berhala yang kalian sembah, karena itu semua tidak bisa menghadirkan kemudhorotan terhadapku sedikitpun, dan juga tidak bisa menghadirkan manfaat terhadapku sedikitpun kecuali Allah mengizinkannya.

Apa yang dikehendaki Allah pasti terjadi, dan senantiasa dalam pengawasan serta ilmu Allah.
Allah mengetahui segala yang terjadi baik di langit maupun di bumi. Tidakkah kalian merenungi itu semua wahai kaumku? Maka marilah beriman kepada Allah dan tinggalkanlah kemusyrikan itu semua.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A'raf Ayat 24  Mereka Terusir dari Surga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button