OLAHRAGA

Piala Dunia U-20, Rumput Zoysia Japonica di Stadion Gelora Sriwijaya Dirawat

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Sebagai salah satu diantara enam kota yang dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) terus melakukan persiapan.

Di antaranya memastikan kesiapan rumput Zoysia Japonica di lapangan Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring Sport City (JSC).

PIC Rumput Lapangan Stadion Piala Dunia, Ahmad Taufik, yang juga sebagai Sekretaris Dispora Sumsel, mengatakan lapangan yang bakal digunakan di Palembang untuk Piala Dunia U-20 di Palembang ada lima lapangan.

“Satu lapangan utama untuk pertandingan di Stadion Gelora Sriwijaya, dan empat lainnya untuk latihan,” katanya.

Empat lapangan yang digunakan untuk latihan ini di antaranya tiga berada di JSC yakni Lapangan Panahan, Lapangan Bisbol dan Lapangan Atletik.

“Sedangkan satu lapangan lagi di Stadion Bumi Sriwijaya,” ujarnya.

Jenis rumput yang digunakan yaitu rumput natural hanya di lapangan Stadion Gelora Sriwijaya dan Bumi Sriwijaya, yaitu rumput Zoysia Japonica.

Sedangkan jenis rumput di lapangan Atletik, Panahan dan Bisbol ini Zoysia Matrela.

“Jenis rumput yang ditanam di lapangan ini merupakan rumput yang cocok ditanam di iklim tropis seperti Indonesia,” katanya.

Untuk perawatannya dilakukan penyemprotan di area rumput lapangan yang kurang subur, menggunakan esensial atau multivitamin khusus.

“Agar akarnya lebih kuat dan unsur haranya lebih banyak,” jelasnya.

Sebelum dilakukan pemeriksaan oleh pihak FIFA pada akhir Maret, akan dilakukan penyulaman dengan rumput sintetis untuk menguatkan rumput.

“Beberapa persiapan sudah dilakukan pihak PUPR untuk perawatan berat lapangan ini, seperti top dressing, vertikal cutter, dan pemupukan,” katanya.

Di lapangan utama itu rumput akan dijahit/ disulam dengan rumput sintetis, untuk menjaga kekuatan akar pada saat pertandingan, walaupun digeber satu hari dua sampai tiga pertandingan, rumput akan kuat.

BACA JUGA  Meski Sempat Menang Besar 4 Negara ini Gagal Lolos ke Piala Asia U-17 2023

“InsyaAllah kuat dibandingkan kalau hanya rumput natural,” katanya.

 

 

Reporter :  Pitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button