NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir Juz 5,  Surat An Nisa’ Ayat  44, Janganlah Menjadi Orang Sesat dan Menyesatkan

 

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat An-Nisa’ Ayat 44 berbunyi :

(أَلَمۡ تَرَ إِلَى ٱلَّذِینَ أُوتُوا۟ نَصِیبࣰا مِّنَ ٱلۡكِتَـٰبِ یَشۡتَرُونَ ٱلضَّلَـٰلَةَ وَیُرِیدُونَ أَن تَضِلُّوا۟ ٱلسَّبِیلَ)

Artinya :

Tidakkah kamu memperhatikan orang yang telah diberi bagian Kitab (Taurat)? Mereka membeli kesesatan dan mereka menghendaki agar kamu tersesat (menyimpang) dari jalan (yang benar).

Pada ayat ini Allah mencela orang-orang yang mendapatkan pemahaman dari ahli kitab, yang justru dengan anugerah Allah terhadap mereka mampu memahami kitab yang Allah turunkan, mereka jadikan sebagai sarana untuk mengejar dunia dan kesesatannya, mereka mencintainya dengan sepenuh hati, menghamburkan hartanya mengikuti jalan kesesatan jauh dari hidayah, mengikuti langkah kekafiran bukan keimanan serta memilih kecelakaan bukan kebahagiaan.

Dalam posisi mereka yang sedemikian itu, mereka pun berjuang untuk menyesatkan orang lain, bahkan menjadi penopang untuk penyesatan tersebut.

Menghadapi hal seperti itu, hendaklah seorang mukmin mempercayai penuh dan pasrah pada Allah sebagai Tuhan yang mengurusi seluruh urusan hamba-Nya dan sebagai penolong yang terbaik.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 8 Surat Al A'raf Ayat 10 Syukuri Anugerah Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button