PALEMBANG

1.600 Tenaga Jasa Bidang Konstruksi PUPR Palembang Belum Tersertifikasi

MAKLUMATNEWS. com, Palembang–Diharapkan pembangunan di Kota Palembang dikerjakan sesuai dengan mutu yang sudah ditetapkan, diperlukan juga tenaga kerja yang handal.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Palembang bimbingan teknis dan ujian sertifikasi kompetensi tenaga kerja kontruksi terampil kepada 1.600 tenaga kerja di bidang konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang.

Sekda Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, adanya pembekalan ini bertujuan guna memberikan keterampilan serta ilmu dalam bidang kontruksi pembangunan, bagi para pekerja di beberapa bidang sehingga standar mutu yang mereka miliki bersertifikat.

“Kesadaran akan penggunaan tenaga kerja yang bersertifikat tersebut sangat penting dalam rangka menjamin kualitas penyelenggaraan maupun pembangunan proyek infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah sesuai dalam program NawaCita,” katanya, Selasa (18/10/2022).

Diketahui bersama kewajiban menggunakan tenaga kerja konstruksi yang bersertifikat kompetensi telah diatur oleh UndangUndang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, pada pasal 70 ayat (1) yang menjelaskan bahwa setiap Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

“Ini juga sebagai sarana sosialisasi maupun membangkitkan kesadaran para pengguna maupun penyedia jasa konstruksi akan pentingnya penggunaan tenaga kerja yang bersertifikat,” katanya.

Kepala Dinas PUPR Ahmad Bastari mengatakan, jika kegiatan ini berlangsung selama lima hari. Tahap pertama ini ada sekitar 300 peserta yang mengikuti di Kecamatan Sako.

Nantinya per kecamatan akan ada yang mengikuti pelatihan ini dan sampai akhirnya ada 1600 pekerja jasa konstruksi dari PUPR yang sudah dapat pelatihan bersertifikat.

Tentunya mereka juga dibagi sesuai kelasnya ada tukang batu, semen, keramik dan lainya.

Pihaknya juga telah bekerjasama dengan balai jasa kontruksi wilayah II Palembang dan didukung juga oleh Kementrian PUPR.

BACA JUGA  Pimpin apel siaga banjir, Ini Program Jangka Pendek Walikota Palembang..!

“Diharapkan tenaga terampil yang ada di Palembang bisa bersaing dengan tenaga luar,” katanya. (Pitria)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button