PENDIDIKAN

Mengenal Drs Rusdi Umar, Penulis Buku Nikah Tanpa Wali

MAKLUMATNEWS.com, Palembang,—Banyak orang yang tidak tahu sosok penulis buku asal Kota Palembang yang lagi trend saat ini. Dia lah, Drs. Rusdi Umar dalam buku bertajuk ”  Nikah tanpa wali “.

Drs. Rusdi Umar yang lahir pada tanggal 21 Desember 1968 lahir di desa Karangwaru Muba, dia merupakan salah satu alumni UIN Raden Fatah Fakultas Syariah jurusan Peradilan Agama Islam Lulus pada tahun 1994.

Semasa kuliah dia aktif di beberapa organisasi baik internal kampus seperti senat mahasiswa dan juga eksternal seperti HMI. Setelah menyelesaikan studi, dia juga menjalani aktivitas sebagai karyawan swasta di sebuah perusahaan yang selalu berpindah tugas di berbagai provinsi.

“Saya mengambil konsep Imam Abu Hanifah karena banyak nya anak muda dan orang awam belum mengenal konsep Imam Abu Hanifah. Kebanyakan orang memahami bahawa konsep wali nikah hanya menurut konsep Imam Syafei yang menjadi kompilasi kompilasi hukum islam, maka dari pada itu keluar buku yang berjudul ” NIKAH TANPA WALI” ujarnya

Berdasarkan konsep Imam Abu Hanifah itulah,  kata dia,  sebagai kajian mengenal,  dan menambah pengetahuan serta siapa itu Imam Abu Hanifah dirinya merasa sangat antusias dalam menulis.

Untuk diketahui,  buku ini diterbitkan oleh Pustakapedia yang merupakan penerbit dan editor bukunya adalah Ubaidillah khan.

Buku ini ingin mengajarkan mengenal konsep Imam Abu Hanifah. Pada hari JUMAT ( 1/11/2019),

” Alhamdulilah, pengerjaan buku yang kurang lebih satu tahun tersebut bisa rampung di usia saya yang menginjak 51 tahun. Semoga bermanfaat,” ucapnya kepada media ini,  Jumat (9/6/2023).

Disinggung mengenai karya bukunya yang lain. Dirinya menyebut saat ini baru satu buku itu saja.

BACA JUGA  Rektor Unsri : Masuk Unsri Tidak Pakai Uang,   Kalau Ada Yang Bayar Apalagi Untuk Rektor, Silahkan Laporkan ke Polda

” Rencananya sih, nanti ada, nanti jika tidak ada halangan dan Allah SWT meridhoi, Insya Allah menerbitkan buku lain lagi,” ungkapnya.

Kendati demikian sambungnya,  jujur secara pribadi kebanggan sebagai penulis yang bisa out of the box itu luar biasa.

” Ya,  sebab saya bisa mencari jalan hidup, serta menjadi insight bagi alumni IAIN atau UIN yang lain bahwa alumni IAIN atau UIN juga bisa berkolaborasi dalam bidang kerja apapun dan di posisi apapun”, ungkapnya.

Reporter: Jefry charles ( mahasiswa magang UIN RF )

Editor : Jemmy Saputera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button