SEHAT

Hati-hati! Ini Efek Buruk Bayi Konsumsi Kopi

Maklumatnews.Com – Belakangan ini viral di media sosial sebuah video anak bayi yang diduga mengonsumsi kopi saset yang diberikan oleh ibunya. Dalam video tersebut terdapat sebuah narasi yang mengatakan bayi tersebut mengonsumsi kopi saset karena terdapat susu di dalamnya.

Selain itu, sang ibu juga menginformasikan bahwa setelah mengonsumsi kopi, BAB anaknya berkurang, yang tadinya sepuluh kali, kini menjadi sembilan kali. Banyak masyarakat bahkan tenaga medis yang mengomentari tindakan sang ibu kepada anaknya. Hal ini karena berbagai kandungan yang terdapat dalam kopi saset berbahaya untuk kesehatan bayi.

Tetapi bagi orang dewasa, kopi adalah salah satu jenis minuman yang bisa membuatnya menjadi lebih segar dan berenergi. Bahkan, mengonsumsi kopi juga dinilai bisa meningkatkan daya ingat serta kemampuan kognitif orang dewasa. Namun, pengonsumsiannya juga tidak boleh berlebihan sehingga perlu diperhatikan setiap harinya.

Namun kenyataannya, anak-anak dan bayi memang tidak boleh mengonsumsi kopi atau minuman lain yang mengandung kafein hingga mereka berusia 12 tahun. Lalu apa bahayanya? Mengutip dari Halodoc.com, ada berbagai bahaya memberikan kopi pada bayi.

  1. Bayi menjadi gelisah
  2. Cemas.
  3. Pusing atau sakit kepala.
  4. Perut yang tidak nyaman.
  5. Kesulitan untuk tidur.
  6. Lebih rewel.
  7. Peningkatan buang air kecil.
  8. Detak jantung menjadi lebih cepat.
  9. Risiko asam lambung.

Bayi dengan usia sangat muda lebih rentan mengalami gangguan kesehatan akibat kafein. Kafein juga dapat bertahan dalam tubuh lebih lama daripada bayi dengan usia yang lebih tua. Pada bayi dengan usia enam bulan, efek kafein dapat dirasakan selama 2,5 jam pada tubuh. Sedangkan bayi yang lebih muda, efeknya bisa bertahan selama satu hari penuh.

Sementara itu, dampak gula pada kopi saset  berisiko meningkatkan obesitas, tekanan darah tinggi, hingga gangguan kesehatan gusi dan gigi pada bayi. Untuk itu, ibu harus selalu waspada terhadap setiap asupan yang dikonsumsi oleh anak.

BACA JUGA  Atur Gizi Seimbang untuk Cegah Stunting

Orang tua harus selalu waspada dan memperhatikan setiap kandungan makanan yang dikonsumsi oleh Si Kecil. Pastikan anak selalu mengonsumsi makanan sehat yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak baik secara fisik maupun mental.

Selain itu, ibu yang sedang menyusui juga sebaiknya membatasi asupan kafein setiap harinya. Mengonsumsi kafein dapat memengaruhi kualitas ASI. Ibu yang mengonsumsi tiga cangkir kopi per hari memiliki kadar zat besi lebih rendah dalam ASI, daripada ibu yang tidak mengonsumsi kafein.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat agar kebutuhan nutrisi pada ASI bisa terpenuhi dengan baik. Ibu juga bisa menambahkan suplemen kesehatan sesuai dengan anjuran dokter agar kualitas ASI meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button