NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 6 Surat Al Maidah Ayat 47 Alquran Pedoman Tunggal yang Diridhoi Allah Swt (2)

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-Ma’idah Ayat 48 berbunyi :

{ وَأَنزَلۡنَاۤ إِلَیۡكَ ٱلۡكِتَـٰبَ بِٱلۡحَقِّ مُصَدِّقࣰا لِّمَا بَیۡنَ یَدَیۡهِ مِنَ ٱلۡكِتَـٰبِ وَمُهَیۡمِنًا عَلَیۡهِۖ فَٱحۡكُم بَیۡنَهُم بِمَاۤ أَنزَلَ ٱللَّهُۖ وَلَا تَتَّبِعۡ أَهۡوَاۤءَهُمۡ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ ٱلۡحَقِّۚ لِكُلࣲّ جَعَلۡنَا مِنكُمۡ شِرۡعَةࣰ وَمِنۡهَاجࣰاۚ وَلَوۡ شَاۤءَ ٱللَّهُ لَجَعَلَكُمۡ أُمَّةࣰ وَ ٰ⁠حِدَةࣰ وَلَـٰكِن لِّیَبۡلُوَكُمۡ فِی مَاۤ ءَاتَىٰكُمۡۖ فَٱسۡتَبِقُوا۟ ٱلۡخَیۡرَ ٰ⁠تِۚ إِلَى ٱللَّهِ مَرۡجِعُكُمۡ جَمِیعࣰا فَیُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ فِیهِ تَخۡتَلِفُونَ }

Artinya :

Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur`ān) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu,* Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan.

Selanjutnya Allah memerintahkan untuk menggunakan Alquran sebagai satu-satunya dasar dan pedoman dalam memutuskan hukum kepada mereka orang-orang Yahudi yang datang kepadamu (Muhammad), dan janganlah terperdaya sehingga meninggalkan Alquran dan mengikuti hawa nafsu mereka.

Sungguh telah kami tetapkan bagi setiap umat syariat (aturan) dan manhaj (jalan) yang terang.
Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia jadikan syariat untuk umat manusia hanya satu dan sama, namun dengan tujuan untuk menguji sejauh mana ketaatan dan kepatuhan manusia, maka Allah swt jadikan syariat setiap umat berbeda, meskipun ajaran pokoknya yaitu aqidah dan pokok akhlaknya tetaplah sama.

Karenanya berlombalah dalam.meraih kebaikan dunia dan akhirat dengan melaksanakan aturan dan perintah yang diarahkan Alqurann, karena kembali setiap manusia adalah Allah Swt. Lalu Allah akan buka seluruh perbuatan manusia dengan transparan, terang benderang dan kemudian Allah Swt balas semuanya sesuai perbuatan masing-masing.

Wallahu A’lam,

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button