INFO HAJI 2024NASIONAL

Layani Jamaah Haji Indonesia, Calon Petugas Haji PPIH Ikuti Seleksi Pertama se Indonesia

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Seleksi calon petugas haji tahap pertama Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1444H atau 2023 M dilaksanakan serentak se Indonesia pada hari Rabu, (25/01/23).

Tes rekrutmen calon petugas haji yang menyertai jama’ah (Petugas Kloter) dan PPIH Arab Saudi tahap pertama tingkat Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dilaksanakan di Pusat Informasi Haji (PIH), Kota Palembang.

Sebelumnya seluruh peserta seleksi telah melengkapi berkas secara online di portal Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji.

Seleksi ini bertujuan untuk mencari petugas haji yang handal, amanah dan profesional.

“Petugas yang mengerti tugas dan fungsi layanan haji, serta petugas yang berdedikasi tinggi melayani jamaah haji Indonesia,” ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (Kabid PHU) Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil.

Dalam sambutannya ia mengatakan ada 81 orang peserta yang akan mengikuti seleksi hari ini, terdiri dari 14 orang TPHI Kloter, 15 orang TPIHI Kloter.

Selanjutnya PPIH Arab Saudi berjumlah 56 orang terdiri dari Akomodasi 19 orang, Konsumsi 17 orang, Transportasi 16 orang, Pembimbing 2 orang, Siskohat 2 orang.

Selain itu terdapat pula peserta dari unsur Organisasi Kemasyarakatan seperti Nahdlatul Ulama, Muhamadiyah, Forum Pondok Pesantren, UIN Raden Fatah dan Balai Diklat Keagamaan Kota Palembang yang turut serta tes dalam seleksi calon petugas haji tahun ini.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Syafitri Irwan saat membuka kegiatan tes seleksi calon petugas haji tahap pertama mengapresiasi atas antusias peserta yang mendaftar tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

“Rangkaian tes seleksi petugas haji ini sangat penting, karena bagian dari proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 144H/2023M,”katanya.

BACA JUGA  Jokowi Minta Kapolri dan Menteri BUMN Fokus Evakuasi Korban dan Warga Terdampak 

Kakanwil berharap dengan adanya rekrutmen petugas ini dapat menghasilkan calon PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter yang berdedikasi, loyalitas dan professional.

Seluruh peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya tegaskan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan rekrutmen petugas untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, fair dan berlaku profesional,” jelasnya.

 

Reporter Tri Jumartini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button