PENDIDIKAN

Menuju World Cllas University, Unsri Butuh 244 Guru Besar Lagi

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Pengukuhan dua guru besar Unsri dilaksanakan di Graha Unsri Bukit Kamis (16/2/ 2023).

Dua Guru Besar yang dikukuhkan itu adalah Prof. Dr. dr.Irfannuddin Sp.KO.M.Pd.Ked guru besar Fakultas Kedokteran dan Prof. Dr. Erwin S.Si.M.Si guru besar bidang Ilmu Komputer pada Fakultas Komputer.

Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE. IPU. ASEAN. Eng mengatakan, guru besar Unsri hari ini bertambah 2 orang.

“Seperti yang saya sampaikan sebelumnya kita PTN BH sebentar lagi keluar. Setelah PTN BH kita harus mencapai world cllas university.

Untuk menjadi world cllas university butuh 400 guru besar. Sekarang kita sudah memiliki 136 guru besar, jadi masih kurang 244 orang guru besar,” ujarnya.

Anis menjelaskan, Unsri memiliki potensi guru besar 400 orang lebih. Sekarang lagi proses semua percepatan guru besar itu.

Mudah-mudahan, kata Anis, jika tidak ada halangan 400 ini ada yang sudah masak nian tapi menyangkut di jurnal internasional.

“Dari Kementerian jurnal internasional Q1 itu yang berebut sedunia. Kalau dulu tidak perlu Q1. Zaman dulu pakai reputasi internasional. Sekarang ditambah reputasi harus Q1 atau topnya jurnal,” katanya.

“Banyak kendala di sana, itu bukan kendala di Unsri saja. Tapi seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk guru besar sering nyangkutnya di situ,” tambah Anis.

Lebih lanjut Anis menjelaskan, untuk hal yang lain-lain akademik, riset, pengabdian itu rata-rata sudah lebih.

Ada yang 1200 tapi belum punya Q1 jadi nyangkut karena itu sudah ketetapannya.

“Mudah-mudahan ada penambahan secepatnya lagi guru besar. Target kita dalam 5 tahun harus tuntas 400 guru besar,” katanya.

BACA JUGA  Haru dan Khidmat Warnai Wisuda Kelas 9 dan Hafidz Angkatan 13 SMPIT Al Furqon Palembang 

“Targetnya secepatnya. Yang lama saat ini untuk mengajukan guru besar saat pengajuan jurnal internasional.

Jurnal internasional itu bersaing, untuk publish  banyak yang ngantrinya. Untuk  segi teknis yang lain Insya Allah kita sudah siap,” tandasnya.

 

 

Reporter :  Yanti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button