Uncategorized

Rayakan Imlek 2023, Sejak Pagi Warga Ramai Padati Kelenteng Dewi Kwan Im

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Hari ini, Minggu (22/1) merupakan Hari Raya Imlek.

Dan hari ini, sejak pagi ribuan masyara kat Thionghoa ramai-ramai memadati Kelenteng Candra Nadi Soei Goeat Kiong (Dewi Kwan Im) yang ada di Kawasan 10 Ulu Palembang.

Berbagai kegiatan terlihat di Kelenteng Dewi Kwan IM. Ada yang membakar dupa, membakar kertas sebagai uang, menyalakan lilin, hingga ada aktraksi barongsai.

“Ia, masyarakat yang datang silih berganti, mengalir saja,” kata Pengelolaan Kelenteng Candra Nadi Soei Goeat Kiong (Dewi Kwan Im) Tjik Harun, Minggu (22/1/2023).

Menurutnya, masyarakat yang datang untuk melakukan ibadah. Ada yang tadi malam ada juga yang hari ini, jadi mengalir saja silih berganti pada datangnya.

“Kita berterima kasih dengan Presiden sudah mencabut PPKM, sehingga saya pikir mereka yang merayakan Imlek akan merayakan dengan meriah,” kata Harun yang juga Panitia Imlek dan Cap Go Meh.

Menurut Harun, dengan dicabutnya PPKM artinya tidak ada pembatasan, tapi tetap dengan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker.

“Namanya suda di cabut PPKM , jadi ada sedikit euforia, tapi tetap diimbau dengan menerapkan Prokes.”

Sementara itu, Mery, warga Thionghoa yang merayakan Imlek dan melakukan ibadah di Kelenteng Dewi Kwan Im mengatakan, ia setiap tahun memang melakukan ibadah di sini.

“Di sini memang kelenteng utamanya ya. Jadi saya dan keluarga pilih ke sini.

Kalau saya lebih sering pagi ketimbang malam ke kelentengnya,” ungkapkan.

Sedangkan hal yang sama diungkapkan Debi, ia bersama keluarganya dari pagi ke kelenteng. Sembahyang dulu ya, abis itu baru ke sanak keluarga silaturahmi.

“Tahun ini tentu berbeda dengan dua tahun terakhir, kalau sebelumnya karena pandemi ada pembatasan, sekarang sudah tidak ada lagi dan lebih meriah. Namun tetap diimbau pakai masker,” katanya. (*/Sripoku.com)

BACA JUGA  Restorasi Sekanak Lambidaro Tahap Kedua Masih Dikerjakan, Target Selesai Desember

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button